Syarat IMB Dinilai Sulitkan Pemohon, Komisi III Desak Adanya Revisi Aturan

By Media Center 28 Agu 2020, 13:02:46 WIB Berita
Syarat IMB Dinilai Sulitkan Pemohon, Komisi III Desak Adanya Revisi Aturan

Komisi III DPRD Pacitan kerap memperoleh keluhan masyrakat soal rumitnya mengurus izin mendirikan bangunan (IMB). Pasalnya, pemohon musti melengkapi berkas persyaratan sesuai pasal 26 PERDA nomor 16 tahun 2011 tentang retribusi IMB. Diantarannya; gambar rencana/arsitektur bangunan, gambar sistem struktur, gambar sistem utilitas , perhitungan struktur dan/atau bentang struktur bangunan disertai hasil penyelidikan tanah bagi bangunan 2 (dua) lantai atau lebih serta dokumen lingkungan. Persyaratan tersebut di nilai sangat memberatkan pemohon. “Padahal, di pasal 2, IMB di urus dengan prinsip prosedur yang sederhana, mudah, aplikatif, pelayanan yang cepat, terjangkau dan tepat waktu,” terang Ketua Komisi III DPRD Pacitan, Prabowo.

Selain itu, persyaratan tersebut memaksa pemohon untuk merogoh kocek dalam dalam. Pasalnya butuh jasa khusus untuk melengkapi berkas tersebut. Komisi III menyarankan agar Dinas Penanaman Modal dan PTSP merekrut tenaga non PNS yang ahli dibidangnya. Semisal tenaga bidang gambar teknis dan tenaga yang ahli bidang AMDAL untuk memfasilitasi pemohon IMB. ”Ikon pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) harus di wujudkan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Komisi III juga mendorong pemerintah segera melaksanakan upaya pemutihan Ijin Mendirikan Bangunan. Seperti yang sudah tertuang dalam pasal 41 Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 16 Tahun 2011 tentang IMB. Dimana, Bangunan yang sudah terbangun sebelum adanya RTRW, RDTR, RTRK/Rencana Zonasi dan RTBL dan tidak memiliki IMB yang bangunannya sesuai dengan lokasi, peruntukan, dan penggunaan yang ditetapkan dalam rencana tata ruang tersebut dilakukan pemutihan.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment