Sepakat Mendongkrak Pendapatan Asli Daerah Sektor Pajak Hotel dan Restaurant
Bappenda realisasikan pemasangan alat perekam transaksi elektronik

By Media Center 21 Sep 2020, 12:16:11 WIB Berita
Sepakat Mendongkrak Pendapatan Asli Daerah Sektor Pajak Hotel dan Restaurant

 

Pemerintah kabupaten pacitan dan DPRD sepakat untuk mendongkrak pendapatan asli daerah dari sektor pajak hotel, rumah makan dan restauran. Pemasangan Alat perekam transaksi (tapping box) di sejumlah obyek pajak pun mulai di realisasikan tahun ini.” ini sudah terpasang, tapi jatahnya baru sedikit. baru beberapa obyek pajak belum semua. Kami sangat mendukung langkah itu”.ungkap anggota komisi III DPRD Pacitan Wahyu Pujiono..

Selain pemasangan unit perekam transaksi, Komisi III merekomendasikan agar setiap lokasi  obyek pajak di pasangi baliho pengumuman.Isinya memberitahukan bahwa setiap transaksi konsumen, di kenai pajak sebesar 10 persen dari nilai transaksi.”Jadi untuk memberikan pemahaman, bahwa yang di bebani pajak itu konsumen. Dan mereka akan bangga ikut berkontribusi dalam pembangunan melalui pajak”.Imbuh Wahyu Pujiono.

Tahun 2021, DPRD Pacitan  berharap semua obyek pajak khusunya restoran, hotel, dan rumah makan di sediakan alat perekam transaksi elektronik.Sehingga monitoring transaksi bisa di lakukan lebih mudah, terintregasi dan transparan.Pun untuk mencegah kebocoran potensi pajak daerah.”Tentunya pajak itu akan terbayarkan secara realistis melalui alat ini”.Pungkasnya.

Pajak Hotel tahun 2019 terelasiasi sebesar Rp. 572,121,371.00 dari target  555 juta rupuiah, sedangkan Pajak Restoran tembus hingga Rp. 2,762,601,321.63 dari target 1,5 milyard. Berbeda di tahun 2020, pendapatan asli daerah dari sektor pajak hotel dan restaurant anjlok derastis, imbas pandemi covid-19.Target pajak hotel di Perubahan APBD 2020 tinggal sejumlah 178,1 juta dari target awal 650 juta, sedangkan pajak restauran targetnya tinggal 398,4 juta dari target awal 2 milyard rupiah.  

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment