Prihatin Kasus Covid-19 Melonjak, DPRD Panggil Satuan Gugus Tugas

By Media Center 28 Des 2020, 11:25:07 WIB Berita
Prihatin Kasus Covid-19 Melonjak, DPRD Panggil Satuan Gugus Tugas

Gambar : Suasana rapat koordinasi penanganan Covid-19 di gedung DPRD Pacitan, sabtu(26/12)


DPRD Pacitan mengundang jajaran satgas penanganan covid-19 Pacitan, Sabtu(26/12). Menyusul, lonjakan kasus positif virus corona yang signifikan, diakhir tahun 2020. Dewan mempertanyakan upaya penanganan wabah corona dan implementasi angaran penanganan pandemi yang sudah di setujui DPRD mencapai sekitar 42 milyard rupiah di awal tahun 2020.

“Kami prihatin dengan meledaknya kasus covid-19 di Pacitan belakangan ini. Kita ingin tahu keadaan sebenarnya.”Ucap ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono.

Dalam rapat yang dihadiri anggota Komisi II, pimpinan DPRD, pimpinan fraksi dan ketua komisi ini , DPRD Pacitan meminta klairifkasi kepada satuan gugus tugas ihwal sebab meledaknya kasus positif corona di berbagai kecamatan. DPRD juga menyampaikan keluhan masyarakat soal dampak pandemi yang menghambat ekonomi dan sosial masyrakat. Di samping itu, DPRD memberikan 8 item rekomendasi tertulis kepada satuan gugus tugas.

Diantaranya, Pelaksanaan protokol kesehatan 3M dan 3T agar ditegakkan secara disiplin. Satgas di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa agar semakin ditingkatkan kinerjanya dan diharapkan tetap melakukan sosialisasi dilokasi strategis. DPRD juga mendesak agar penyelenggaraan hajatan harus memperoleh izin dari pihak berwenang dan diawasi pelaksanaannya. Termasuk pembatasan tamu untuk menghindari kerumunan. Selain itu, DPRD merekomendasikan agar bantuan kepada masyarakat yang terdampak  Covid-19 disalurkan secara tunai untuk mengantisipasi penyimpangan  anggaran.

Sementara itu bupati Pacitan, Indartato yang turut hadir dalam rapat tersebut, mengaku prihatin dengan lonjakan kasus corona yang terjadi belakangan. Disamping pengawasan dari gugus tugas yang memang perlu  ditingkatkan, masyarakat harus disiiplinkan untuk menerapkan prokes Covid-19. "Karena virus ini tidak kelihatan, ayolah bareng bareng menangani virus corona". Tutur bupati Pacitan Indartato.

Pacitan saat ini berada di urutan ke-6 terendah, terhadap penyebaran wabah ini di Jawa Timur. Namun, Akibat lonjakan  yang cukup besar, status Pacitan kini bergeser, dari zona Kuning ke Zona Organge. DPRD Pacitan terus mendukung upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Masyarakat pun, di ajak untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Semoga wabah ini cepat berlalu.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment