Pengelolaan BUMDES Tak Boleh Setengah Hati

By Media Center 15 Okt 2020, 08:35:31 WIB Berita
Pengelolaan BUMDES Tak Boleh Setengah Hati

Gambar : Anggota komisi I DPRR Pacitan, Bambang Suseno berharap Bumdes jadi andalan penggerak ekonomi masyrakat desa


Anggota komisi I DPRR Pacitan, Bambang Suseno berharap Badan Usaha Milik Desa tidak sekedar perusahaan plat merah yang di dirikan dengan setengah hati.Namun, Bumdes harus bisa berperan meningkatkan ekonomi pedesaan melalui pengelolaan kekayaan dan potensi di desa."Banyak Bumdes kita di pacitan yang hidup segan mati tak mau.Ini seharunya jadi perhatian serius".

Untuk itu, ia berharap adanya gebrakan untuk  mereformasi formula pengelolaan bumdes.Kepala Desa di minta kreatif dan obyektif memetakan potensi yang bisa di garap sebagai objek usaha bumdes."Perlu di dasari dengan pemetaan potensi desa yang ada, tidak sekedar membentuk dan membina".imbuh anggota DPRD Pacitan dapil Sudimoro ngadirojo tersebut.

Pihaknya mendorong pemerintah daerah melalui dinas terkait turut intervensi terhadap pengelolaan bumdes.Pembinaan managemen hingga teknis perlu di berikan kepada pengelola bumdes, agar pengelolaanya maksimal.Terlebih, bumdes juga berpotensi menambah pendapatan asli desa."Kalau perlu studi banding ke desa lainya yang BUMDESnya terbilang berjalan baik".ujar Bambang.

Di samping itu, bambang menyadari bahwa pandemi corona turut berdampak negarif terhadap bumdes.Tidak sedikit bidang usaha bumdes yang terpuruk akibat wabah ini.umumnya bergerak di bidang pariwisata dan produksi. Sementara yang masih bisa bertahan bergerak di bidang jasa keuangan, pembayaran listrik dan air, simpan pinjam, dan lainnya.

Namun, ia berharap desa sendiri tidak tinggal diam.Mereka harus menjemput bola untuk mendapatkan fasilitasi bantuan dari pemerintah."Terbaru ada program revitalisasi bumdes dari kementrian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi.Kami berharap eksekutif bisa mengakses bantuan pendampingan ini'."Pungkasnya




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment