Pemda di Ganjar Reward DID 12 Miliar
Komisi II Dorong Pemerintah Optimal Manfaatkan Dana Penanganan Corona

By Media Center 23 Sep 2020, 13:48:28 WIB Berita
Pemda di Ganjar Reward DID 12 Miliar

Gambar : Sekertaris Komisi II DPRD Pacitan Tejo Kusmoro tak ingin pemerintah mengeluh soal ketersediaan dana


Upaya Pemkab Pacitan menangani pandemi Covid-19, mendapat apresiasi pemerintah pusat. Pemda Pacitan di gelontor anggaran 12 miliar oleh kementrian keuangan, sebagai reward usai Pacitan di nilai mampu menekan penyebaran penyakit corona tersebut. ”Kita laporannya tepat waktu, yang kedua skor epidemiloginya bagus,” ujar Sekertaris Daerah Pacitan, Heru Wiwoho.

Laporan yang di maksud, adalah laporan penyesuaian APBD Tahun anggaran 2020 untuk penanganan corona virus disease 2019 dan laporan kinerja bidang kesehatan untuk pencegahan virus corona. Data itu merupakan data penanganan pandemi hingga akhir bulan Mei dan Juni 2020. Skor epidemologi atau angka penyebaran virus corona di pacitan yang terbilang rendah, turut menjadi indikator Pemkab Pacitan memperoleh juara bersama 144 kabupaten lainnya.

Sesuai  Peraturan Menteri Keuangan nomer 87 tahun 2020, reward yang bersumber dari dana insentif daerah (DID) tersebut tidak dapat di gunakan untuk honorarium maupun mendanai perjalanan dinas. Melainkan harus di alokasikan untuk mendukung penanganan wabah corona dan pemulihan ekonomi.Termasuk mendukung industri UMKM, Koperasi, pasar tradisional dan bantuan sosial bagi masyarakat. ”Sudah kita konsultasikan penggunaanya, yang banyak untuk bantuan sosial dan padat karya,” imbuh mantan kepala Bappeda Pacitan tersebut.

Sekretaris Komisi II DPRD Pacitan Tejo Kusmoro mengapresiasi langkah gugus tugas  penanganan pandemi corona di Pacitan, hingga pemda di ganjar dana insentif miliaran rupiah. Ia berharap, pandemi ini bisa ditekan semaksimal mungkin penyebaranya di Pacitan. Pihaknya tak ingin eksekusif mengeluh soal anggaran. Sebab, di samping anggaran 12 miliar dari pusat, DPRD Pacitan juga sudah menyetujui anggaran sekitar 42 miliar,untuk penanganan wabah corona. ”Anggaran sudah tersedia, harus dimanfaatkan se efektif mungkin.Tidak hanya penanganan penyakitnya, tapi bagaimana ekonomi masyarakat Pacitan dapat di dorong,” ujar Tejo.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment