Pelabuhan Gelon Tak Kunjung Digarap

By Media Center 28 Agu 2020, 13:01:00 WIB Berita
Pelabuhan Gelon Tak Kunjung Digarap

Gambar : sekertaris Komisi IV DPRD Pacitan, Lancur susanto


Mandeknya pekerjaan pembangunan pelabuhan gelon selalu muncul dalam setiap rekomendasi tahunan DPRD Pacitan.Lantaran pelabuhan yang berada di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan itu tak kunjung di mulai pembangunanya. Padahal, pemerintah melalui perpes 80 tahun 2019, telah mengalokasikan dana puluhan milyar, guna kelanjutan pelabuhan tersebut. ”Tim pembangunan pelabuhan gelon yang di bentuk oleh Pemkab Pacitan agar lebih fokus menangani segala kebutuhan mulai dari penyerahan asset sampai dengan pelaksanaan,” harap sekretaris Komisi IV DPRD Pacitan, Lancur Susanto.

Pelabuhan di pesisir pantai Pacitan itu, di gadang-gadang menjadi trigger (pemicu) ekonomi di selatan jawa. Sekaligus fasilitas interkoneksi antar wilayah melalui jalur maritim. Harapanya, potensi yang ada di kota berjuluk 1001 goa, bisa di kelola dengan lebih cepat, melalui mobilitas pelabuhan tersebut. ”Ini menjadi harapan masyrakat Pacitan pada umumnya,” imbuhnya.

Dalam peraturan presdien yang di teken Joko wWdodo, pemerintah melalui APBN telah menganggarkan biaya dengan rincian dana Rp 50 miliar untuk pembangunan pelabuhan. Sedangkan dana Rp 80 miliar untuk membangun akses jalan menuju pelabuhan tersebut.

Pemerintah Kabupaten Pacitan mengaku sudah berhasil menerbitkan sertifikat Puluhan hektare lahan hak yang telah diakusisi Pemkab Pacitan sebelumnya, guna penyediaan lahan pembangunan pelabuhan niaga Gelon. Semula proses pemenuhan hak perdata tersebut, memakan waktu cukup lama. Seperti di kutip, Pacitanku.com.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment