Kritisi Minimnya Alokasi Dana Tak Terduga

By Media Center 18 Nov 2020, 11:01:50 WIB Berita
Kritisi Minimnya Alokasi Dana Tak Terduga

Pemerintah kabupaten Pacitan hanya mengalokasikan uang sebesar 3 milyard untuk kebutuhan darurat. DPRD Pacitan menilai jumlah anggaran tak terduga ini sangat minim.Terlebih Pacitan senantiasa di ancam dengan bahaya bencana banjir, tanah longsor bahkan tsunami.”Hanya 0,18 persen.Itukan sangat sedikit sekali, bagaimana andaikata terjadi kondisi darurat, sementara anggaran yang kita siapkan sebelumnya begitu kecil”.Ungkap Arifin, anggota DPRD Pacitan dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

Arifin menambahkan, kondisi Pacitan yang menjadi salah satu daerah rawan bencana, harus di sikapi dengan bijak. Selain mitigasi, ketersediaan anggaran yang mumpuni saat peristiwa darurat amat di perlukan. Hal itu berguna untuk menekan seminimal mungkin dampak resiko bencana maupun kondisi darurat lainya di tengah masyrakat.”Tingkat kewaranan bencana kita sangat tinggi”.Imbuhnya.

Arifin menyadari, jika performa APBD Pacitan tahun depan melemah. Jika di bandingkan tahun 2020, rencana keuangan tahun 2021 turun sekitar 54,8 milyard. Hal itu imbas dari transfer pemerintah pusat ke Pacitan yang menurun. Kendati demikian, pihaknya tak ingin pemerintah menyepelekan urusan urgent. Termasuk kesiapsiagaan terhadap kondisi darurat.

Seharunya, alokasi dana darurat di sesuaikan dengan kondisi alam di wilayah Pacitan. ”kejadian bencana alam tahun 2017 harus menjadi cermin untuk semua jajaran di pemkab Pacitan agar memberikan perhatian penuh terhadap segala potensi bencana yang akan dihadapi.”Pungkasnya




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment