Konsultasi Publik Menyusun Ranwal RPJMD 2021-2026.

By Media Center 03 Mei 2021, 12:48:56 WIB Berita
Konsultasi Publik Menyusun Ranwal RPJMD 2021-2026.

Pasca pelantikan bupati dan wakil bupati Pacitan terpilih, pemerintah daerah Pacitan mulai menyusun rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026. Penyusunan dokumen perencanaan 5 tahunan yang merupakan penjabaran visi misi bupati tersebut, diawali dengan diskusi dalam forum konsultasi publik, Rabu (28/4) di gedung Kharya Dharma.

Ketua DPRD kabupaten Pacitan, Ronny Wahyono dalam sambutannya, mengatakan, entitas Pacitan sebagai daerah yang memiliki sejuta potensi juga segudang masalah di dalamnya, menuntut adanya kebijakan yang pro rakyat, berkualitas dan berorientasi pada outcome atau hasil yang maksimal. Untuk mencapai cita-cita pembangunan tersebut, musti diawali dengan komitmen yang kuat dari kepala daerah, dan dengan perencanaan yang matang.

RPJMD,  nantinya menjadi pedoman penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang disusun setiap tahun. Untuk  itulah, DPRD berharap seluruh yang terlibat dalam konsultasi publik ini, berpartisipasi menyampaikan saran dan masukan, demi penyempurnaan dokumen RPJMD 2021-2026.

"Kami pun mendorong pemerintah daerah untuk senantiasa menerima dan menampung saran, masukan hingga kritik sebagai bagian pertimbangan dalam rangka menentukan kebijakan," katanya.

Sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri (permendagri) nomor 86 tahun 2017, dokumen perencanaan pembangunan harus dirumuskan dengan transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan. Selain itu,  RPJMD tersebut musti disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RJPN), RJPD provinsi, rencana tata ruang wilayah, serta ketentuan perundang-undangan yang lebih tinggi. Itu dilakukan agar pembangunan disetiap level pemerintahan berjalan selaras.

Forum konsultasi publik yang dugelar secara virtual ini diikuti oleh berbagai pihak. Diantaranya; jajaran pimpinan dan ketua komisi DPRD kabupaten Pacitan, para kepala OPD, Camat, Kades, tokoh masyarakat, ketua ormas, organisasi kepemudaan, organisasi sosial, organisasi wanita, organisasi profesi serta perguruan tinggi.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment