Komisi III Harap Perusahaan Berkontribusi Pada Pembangunan Daerah Melalui CSR

By Media Center 19 Jan 2022, 10:33:04 WIB Berita
Komisi III Harap Perusahaan Berkontribusi Pada Pembangunan Daerah Melalui CSR

Gambar : RDP komisi III Dengan Perusahaan PT Bank Jatim


Komisi II DPRD Kabupaten Pacitan, berharap kontribusi perusahaan terhadap pembangunan daerah terus ditingkatkan. Salah satunya melalui kucuran bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR). Hal itu disampaikan kepada sejumlah perusahaan swasta dan BUMN saat menggelar rapat penyusunan raperda APBD Pacitan tahun 2022.

“CSR dapat menjadi salah satu instrumen, yang bisa membantu pendanaan daerah untuk merealisasikan beragam program kegiatan pembangunan”. Terang Bambang Setyabudi, anggota komisi III DPRD Kabupaten Pacitan.

Bambang menegaskan bahwa CSR adalah kewajiban bagi seluruh perusahaan. Dalam Pasal 74 ayat 1 UU No. 40 Tahun 2007 disebutkan bahwa, “Perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan atau berkaitan dengan sumber daya alam, wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan”. Meskipun tidak disebutkan jumlah minimal besaran CSR, komisi III DPRD Kabupaten Pacitan berharap perusahaan memiliki kesadaran untuk mengucurkan CSR-nya.

“Jika perlu, akan di terbitkan peraturan daerah untuk mematok jumlah minimal CSR” imbuh bambang.

CSR menurut peraturan perundang-undangan dikenal dengan istilah tanggung jawab sosial dan lingkungan. Merupakan komitmen Perseroan Terbatas (“PT”) untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat. CSR dalam perusahaan bertujuan untuk memberikan nilai pada masyarakat, berpartisipasi dalam kesadaran lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas karyawan yang bekerja di perusahaan

 

 

  




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment