Jawaban Bupati Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi

By Media Center 05 Agu 2015, 15:43:37 WIB Berita
Jawaban Bupati Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi

Bupati Indartato member jawaban terhadap pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Pacitan atas Raperda tentangan perubahan APBD tahun anggaran 2015, Selasa (04/08/2015). “Kami menyampaikan penghargaan atas masukan, saran, himbauan, pertanyaan maupun tanggapan sebagai bentuk komitmen kuat dari DPRD dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Pacitan,” kata Bupati Indartato.

Beberapa penjelesan bupati diantaranya, kenaikan belanja pegawai pada belanja tidak langsung diantaranya disebabkan adanya silpa tunjangan profesi guru dan tambahan penghasilan guru tahun 2014 yang harus dianggarkan lagi pada APBD Perubahan 2015. Penganggaran penyelengaraan jaminan kecelakaan kerja dan kematian bagi perangkat daerah yang belum dianggarkan pada APBD induk 2015. Sedangkan accres pada belanja pegawai di APBD perubahan ini sebesar 2 persen. Karena perhitungan berdasarkan realisasi belanja bulan April 2015.

Penyelesaian beberapa pembangunan seperti JLS, saat ini masih dalam proses pelaksanaan penyelesaian secara bertahap ruas Ploso-Pacitan sepanjang 4,8 KM, pembangunan dua jembatan, yakni Grindulu 2 sepanjang 750 meter dan Sirnoboyo dengan panjang 250 meter. Pada tahun ini, kata bupati, dilakukan kontrak multi years dan selesai pada tahun 2018. Untuk proyek pelabuhan Gelon, pembangunan jalan menuju pelabuhan tetap berjalan untuk tahun 2015 ini sepanjang 1,80 KM.  Selanjutnya, terkait pembangunan dermaganya, tahun 2015 ini ditargetkan untuk menyelesaikan dokumen rencana induk pelabuhan dan UKL/UPL. Selanjutnya direncanakan tahun 2016 dilanjutkan pembangunan fisiknya. Dan, pembangunan waduk Thukul, pada saat ini pada tahapan pengadaan tanah untuk akses jalan, lokasi tapak bending dan area terdampak oleh BPN selaku panitia pengadaan tanah. Untuk pembangunan fisiknya dilakukan melalui kontrak multiyears mulai Desember 2013 dan berakhir Desember 2017 dengan nilai kontrak Rp 578 miliar.

Terkait layanan RSUD, pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan sarana prasarana maupun peningkatan layanan kepada pasien. Diantaranya, pelayanan spesialis sebanyak 16 jenis pelayanan dengan jumlah dokter sebanyak 21 orang, pembangunan gedung rawat inap kelas III dan gedung VIP di lantai III dan IV, standarisasi ruang unit intensif (ICU) dan kamar operasi.
Dalam rangka mendorong keberlangsungan industry kecil, telah diupayakan melalui pembinaan, pemberian fasilitas sarana produksi dan permodalan. Sedangkan untuk pemasaran hasil produksi, pemerintah memfasilitasi dalam bentuk temu bisnis, study banding dan pameran.

Pertanyaan terkait percepatan penyerapan anggaran yang mengalami penurunan di banding tahun sebelumnya, dapat dijelaskan bahwa pada tahun 2015 mendapatkan tambahan DAK dan dana desa yang menyebabkan pembaginya lebih besar. Sedangkan proses pencairannya menunggu regulasi dari pemerintah pusat.

Terhadap pencapaian program dan kegiatan yang telah diprioritaskan dalam RPJMD 2011-2016 secara umum dari 603 indikator telah tercapai 495 indikator. Sehingga yang belum tercapai adalah 108 indikator. Bidang pendidikan 24 indikator, kesehatan 21 indikator, infrastruktur 31 indikator, ekonomi 9 indikator, pemerintahan dan social budaya 23 indikator. Selanjutnya, program kegiatan yang belum tercapai menjadi prioritas dalam penganggaran pada APBD perubahan 2015.

“Terhadap kenaikan belanja rutin yang diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan kinerja dan prestasi, hal ini menjadi perhatian kita semua,” kata bupati.

Terakhir, terkait penanganan kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan dapat dijelaskan sebagai berikut, pertama, melakukan inventarisasi atau pemetaan wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan. Kedua, penyiapan anggaran melalui APBD untuk pengiriman air bersih terhadap desa atau dusun yang sudah mengalami kekeurangan air bersih. Ketiga, melaksanakan permohonan bantuan dana kepada pemerintah pusat dan propinsi, serta mengoptimalkan sarana dan prasarana untuk pengiriman maupun penampungan air bersih.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment