HASIL RESES ANGGOTA DPRD MASA SIDANG II DAPIL VI

By Media Center 28 Agu 2015, 10:25:26 WIB Berita
HASIL RESES ANGGOTA DPRD MASA SIDANG II DAPIL VI

DAPIL VI (NGADIROJO-SUDIMORO)

Reses adalah alat/sarana anggota DPRD secara resmi, menghimpun aspirasi yang berkembang di masyarakat. Kalau di pemerintahan dikenal dengan nama Musrenbang. Hanya saja reses, dimana anggota DPRD turun kembali ke daerah pemilihannya masing-masing.

Adapun hasilnya adalah sebagai berikut :

Pertama bidang Infrastruktur (Sarana dan Prasarana). Permasalah yang ditemukan adalah Banyaknya Jalan rusak dan berlubang  yang menghubungkan antar dusun di kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Sudimoro, Jalan lingkungan, jalan desa dan jalan menuju wilayah perbatasan menuju Kabupaten lain sudah mengalami kerusakan (rusak  berat, sedang dan ringan), Lingkungan jalan Kabupaten yang kondisinya masih makadam, Perlu dukungan untuk pembangunan sarana-sarana umum seperti : Gedung Pertemuan di tingkat Dusun dan Desa, Perbaikan-Perbaikan sarana Peribadatan untuk membangun dan rehab Masjid & Mushola serta penyediaan sarana olah raga, Sarana-Prasarana Air bersih di wilayah Kec. Ngadirojo dan Kec. Sudimoro, Masih banyak jalan linkungan dusun di Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Sudimoro masih gelap, Perlunya sarana dan prasarana gedung Madin, Perlunya dana untuk rehabilitas gedung TK (kuncup mekar), Kurangnya sarana administrasi Organisasi.
Usulan dari masyarakat diantaranya, Pembuatan jembatan dan perbaikan jalan Cabe ke Dusun Tawang Desa Wonodadi Kec. Ngadirojo, Rabat /Pengaspalan jalan dusun Mulyosari, dusun Krajan dan Dusun Banjarejo Desa Klepu Kec. Sudimoro, Rabat jalan lingkungan Sobo Desa Ketanggung dan Desa Sembowo Kec. Sudimoro, Pengaspalan jalan Dusun Bandu dan Dusun Tengger Desa Karangmulyo Kec. Sudimoro, Pemeliharaan jalan Desa Nogosari yang menghubungkan Desa Wonokarto kec. Ngadirojo perlu mendapatkan perbaikan dikarenakan mengalami kerusakan dan sering terjadi kecelakaan, Pengaspalan Jalan alternatif Dusun Cabe ke Dusun Ketos Desa Wonodadi Kulon badan jalan kurang sempurna, Perlu adanya perbaikan jalan, baik jalan lingkungan, jalan desa dan jalan menuju wilayah perbatasan serta lingkar ibukota kecamatan, Penuntasan pengaspalan jalan Kec. Ngadirojo- Kec. Sudimoro, Rabat jalan lingkungan disemua desa se-Kecamatan Ngadirojo dan Kecamtan Sudimoro, Pembangunan balai pertemuan Kantor Dusun, Rehab Masjid & Mushola serta sarana Olah Raga di Kec. Ngadirojo dan Kec. Sudimoro, pembangunan kantor dusun Bandu Desa Karangrejo, Bantuan pengadaan sarana prasarana air bersih, Perlunya penerangan jalan di lingkungan Kec. Ngadirojo dan Kec. Sudimoro, Mohon bantuan gedung dan mebeller pengadaan seperangkat computer di MTS MAARIF Sudimoro, pengadaan dana untuk sarana dan prasarana gedung Madin RUDLOTUL ULUM Tengger, bantuan dana untuk rehap gedung TK Kuncup Mekar Desa Karangmulyo, pengadaan seperangkat komputer dan printer ranting Sukorejo, Ketanggung dan Klepu. Rekomendasi dari anggota DPRD Dapil VI adalah dinas terkait untuk segera menindaklanjuti hal tersebut.

Kedua,  bidang pendidikan. Permasalahannya adalah, Banyak sekolah yang belum mempunyai ruang perpustakaan, Perlu adanya pembangunan gedung Diniyah di tiap-tiap Desa, dan minimnya pendidikan keagamaan serta daya dukung dari pemerintah, Belum adanya perlengkapan peralatan ATK untuk PAUD, Kurangnya gedung dan mebeller pengadaan seperangkat computer, Kurangnya sarana prasarana untuk PAUD (RA/TK).
Usulan masyarakat, Penambahan ruang perpustakaan, agar proses belajar mengajar bisa  maksimal, Pembangunan Gedung DIniyah di tiap-tiap lingkungan Dusun atau masyarakat yang banyak membutuhkan, mohon bantuan dana PAUD Dusun Bandu Desa Sumberejo, Mohon bantuan gedung dan mebeller pengadaan seperangkat computer di MTS MAARIF Sudimoro, Pengadaan dana untuk sarana prasarana PAUD ranting Sudimoro. Rekomendasinya agar segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

Ketiga,  Tanaman Pangan dan Peternakan. Permasalahan yang ditemukan diantaranya, Masih banyak jalan usaha tani dan jalan produksi yang perlu ditingkatkan dari tanah untuk menjadi makadam dan rabatan., Sarana pertanian kurang memadai, Banyak warga yang hidup dibawah garis kemiskinan, untuk itu dimohon bantuan bibit kambing untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Usulan masyarakat, Perlu adanya  peningkatan jalan usaha tani dan jalan produksi untuk kelancaran akses pertanian di Kec. Ngadirojo dan Kec. Sudimoro, Bantuan peralatan pertanian (traktor) sangat di perlukan oleh warga Kec. Sudimoro dan Ngadirojo, Bantuan ternak kambing di wilayah Kec. Ngadirojo dan Kec. Sudimoro. Rekomendasinya agar segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

Keempat, bidang lingkungan hidup dan kebersihan. Permasalahan yang ditemukan, Penunpukan sampah di lokasi pasar desa dan pasar Ngadirojo. Usulan masyarakat, Untuk diupayakan penanganan sampah dengan cara disediakan bak penampung sampah atau pengadaan TPA sampah. Rekomendasinya, Perlu penanganan serius masalah sampah oleh Kantor Lingkungan Hidup & Dinas Cipta Karya Tata Ruang Wilayah.

Kelima, bidang Kesehatan. Permasalahan yang ditemukan, Penanganan & Layanan sampai tingkat Pustu, Kurangnya pemahaman tentang kesehatan (reproduksi) wanita. Usulan masyarakat, Sarana dan Prasarana untuk ditingkatkan alat dan ruang pustu, Mohon bantuan dana untuk penyuluhan kesehatan wanita/ ibu di kecamatan Ngadirojo dan sudimoro. Rekomendasi, agar dinas Kesehatan untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

Keenam, bidang kelautan dan perikanan. Permasalahan yang ditemukan, Potensi air sungai banyak masyarakat kurang anggaran untuk budidaya ikan ( kolam dan pakan ikan). Usulan masyarakat, Diusulkan program budidaya perikanan darat bibit ikan lele dan ikan nila di kec. Ngadirojo dan Kec. Sudimoro. Rekomendasinya, Untuk di ajukan melalui APBD Kab. Pacitan/APBD Pusat.

Ketujuh, bidang pariwisata, pemuda dan olahraga. Permasalahannya, Penyediaan sarana penunjang pelayanan pada pengunjung wisata yang menuju Ngadirojo dan sekitarnya dengan penyediaan fasilitas yang memadahi, Sangat membutuhkan alat-alat kesenian di Kecamatan Sudimoro, Penataan daerah wisata di kawasan Pantai Soge Desa Sidomulyo, Pemberdayaan masyarakat wisata, Peningkatan sarana – prasarana olah raga bagi karang taruna di Kec. Ngadirojo dan Kec. Sudimoro.
Usulan masyarakat, Pembangunan Rest Area, Bantuan peralatan Kelompok musik RENADA Dsn. Banjarejo Desa Klepu dan Kelompok Musik DENATA NADA desa Ketanggung, Perlu di buatkan tempat bermain anak di sekitar Pantai Soge, Perlu dibuatkan tempat yang layak untuk menjual souvenir maupun warung makanan di daerah wisata Pantai Soge, Penyempurnaan lapangan olah raga bolla Volley dan sepak bola di Desa Wonodadi Kulon. Rekomendasinya adalah untuk segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait.






Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment