HASIL RESES ANGGOTA DPRD MASA SIDANG II DAPIL IV

By Media Center 28 Agu 2015, 10:57:27 WIB Berita
HASIL RESES ANGGOTA DPRD MASA SIDANG II DAPIL IV

DAPIL IV (ARJOSARI-TEGALOMBO)

PENINGKATAN FUNGSI DAN PERAN LEMBAGA DPRD  SEBAGAIMANA DIATUR DALAM PERUNDANG UNDANGAN TAK LAIN KARENA TUNTUTAN DEMOKRASI, TERUTAMA MAKIN MENINGKATNYA KESADARAN POLITIK MASYARAKAT SEHINGGA MENDORONG ANGGOTA DPRD UNTUK SENANTIASA MENINGKATKAN KUALITASNYA SERTA MEMPERTINGI SEMANGAT PENGABDIANNYA KEPADA MASYARAKAT.
KEGIATAN RESES  ADALAH KESEMPATAN BAGI KAMI  UNTUK LEBIH DEKAT DENGAN PARA KONSTITUEN DIDAERAH PEMILIHAN ARJOSARI TEGALOMBO . RESES YANG KAMI LAKSANAKAN TIDAK HANYA SEBUAH KUNJUNGAN KERJA. NAMUN JUGA IMPLEMENTASI DARI NIAT MAKSUD DAN TUJUAN MENGINTEGRASIKAN PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN DENGAN ASPIRASI YANG BERKEMBANG DITENGAH MASYARAKAT. PELAKSANAAN RESES MERUPAKAN KWAJIBAN KAMI ANGGOTA DPRD DALAM RANGKA MENJARING ASPIRASI MASYARAKAT SECARA BERKALA UNTUK BERTEMU DENGAN KONSTITUEN PADA DAERAH PEMILIHAN GUNA MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS  KAMI SEBGAI ANGGOTA DPRD KABUPATEN PACITAN. DENGAN MELAKSANAKAN PERTEMUAN DIALOG, TATAP MUKA UNTUK MENJARING ASPIRASI MASYARAKAT.  PADA RESES MASA SIDANG KE DUA YANG KAMI LAKSANAKAN SELAMA 2 HARI DIMANA DIHARAPKAN DAPAT MEMPEROLEH MASUKAN DAN INFORMASI DARI MASYARAKAT DAERAH PEMILIHAN ARJOSARI TEGALOMBO. MASUKAN DAN INFORMASI YANG DIMAKSUD BERUPA ASPIRASI DARI MASYARAKAT DALAM RANGKA MENYEMPURNAKAN FUNGSI – FUNGSI LEGISLATOR, SEHINGGA NANTINYA DAPAT MEWUJUDKAN  PERAN DPRD DALAM MENGEMBANGKAN CHECK AND BALANCE ANTARA DPRD DENGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM RANGKA MENENTUKAN TINGKAT PRIORITAS PEMBANGUNAN SEBAGAI IMPLEMENTASI DAN TANGGUNG JAWAB MORAL SEBAGAI SEORANG WAKIL RAKYAT.

MAKSUD RESES ADALAH MENJALIN SILATUROHMI ANTARA ANGGOTA DPRD DENGAN KONSTITUEN SEBAGAI KORIDOR ANTARA KONSTITUEN DAN ANGGOTA DPRD DALAM MENYAMPAIKAN ASPIRASI MEMBERIKAN PRMBELAJARAN KEPADA ASYARAKAT TENTANG CARA PENYAMPAIAN ASPIRASI SECARA BENAR DAN TEPAT.

SEDANGKAN TUJUANNYA, YAITU MENYERAP DAN MENINDAK LANJUTI ASPIRASI DAN PENGADUAN MASYARAKAT GUNA MEMBERIKAN PERTANGUNG JAWABAN MORAL DAN POLITIS KEPADA  KONSTITUEN DIDAERAH PEMILIHAN ARJOSARI TEGALOMBO SEBAGAI PERWUJUDAN PERWAKILAN RAKYAT DALAM PEMERINTAHAN DAN MEMBERIKAN INFORMASI ATAU MELAKUKAN SOSIALISASI PROGRAM DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH KEPADA MASYARAKAT SERTA BERTUKAR FIKIRAN ATAU BERDISKUSI UNTUKMEMPEROLEH MASUKAN DAN SARAN BERUPA ASPIRASI DARI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM PEMBANGUNAN.
 
PELAKSANAAN KEGIATAN RESES YANG KAMI LAKSANAKAN YAITU PADA HARI MINGGU DAN HARI SENIN  TANGGAL 23 DAN 24 AGUSTUS 2015. BERIKUT KAMI SAMPAKAN TEMPAT PELAKSANAAN RESES  ANGGOTA DPRD KABUPATEN PACITAN DARI DAPIL 4 ARJOSARI TEGALOMBO  YAITU SEBAGAI BERIKUT
1. SDR. SRI WIDOWATI MELAKSANAKAN RESES DI DESA KEMUNING DAN DESA NGRECO KECAMATAN TEGALOMBO
2. SDR NUR SIGIT EFENDI SE. MM. MELAKSANAKAN RESES DI DESA KARANGGEDE KEC. ARJOSARI DAN DESA GEMAHARJO KEC, TEGALOMBO
3. SDR. WAHIDIN MELAKSANAKAN RESES DI DESA GEMAHARJO DAN DESA PUCANGOMBO KECAMATAN TEGALOMBO
4. SDR. SETYO RAHARJO MELAKSANAKAN RESES DI DESA TEMON DAN DESA MLATI KECAMATAN ARJOSARI
5. SDR. YUDI SUMBOGO MELAKSANAKAN RESES DI KECAMATAN ARJOSARI
6. SDR. BAMBANG SETYABUDI MELAKSANAKAN RESES DI DESA NGRECO KECAMATAN TEGALOMBO DAN DESA JATIMALANG KECAMATAN ARJOSARI

JUMLAH PESERTA YANG HADIR DALAM KEGIATAN RESES  MASING- MASING ANGGGOTA DPRD KABUPATEN PACITAN DARI DAPIL 4 INI  BERJUMLAH KURANG LEBIH  200 ORANG.

DARI PERTEMUAN RESES YANG KAMI LAKSANAKAN BANYAK MENERIMA ASPIRASI DAN MASUKAN MASYARAKAT TENTANG BERBAGAI HAL YANG MENJADI PERMASALAHAN TERKAIT DENGAN KEBIJAKAN KEBIJAKAN DAN PROGRAM PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN. ADAPUN BEBERAPA ASPIRASI DARI MASYARAKAT  YANG DISAMPAIKAN KEPADA MASING MASING ANGGOTA DPRD KABUPATEN PACITAN DARI DAERAH PEMILIHAN ARJOSARI TEGALOMBO KAMI RANGKUM SEBAGAI BERIKUT :

I. BIDANG KESEHATAN.
PERMASALAHAN BPJS MASYARAKAT MENGHARAPKAN PROGRAM TERSEBUT NOTABENE MERUPAKAN PROGRAM PEMERINTAH PUSAT OLEH KARENA ITU PERLU BANYAK DILAKSANAKAN SOSIALISAI TERKAIT DENGAN PROGRAM TERSEBUT SELAIN ITU PERMASALAHAN PELAYANAN  KESEHATAN DILAPANGAN JUGA MASIH MENJADI HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN.

II. BIDANG INFRASTRUKTUR
BIDANG INFRASTRUKTUR INI MERUPAKAN  PERMASALAHAN YANG UTAMA BAGI WILAYAH DESA - DESA DI KECAMATAN TEGALOMBO DAN WILAYAH KECAMATAN ARJOSARI. WARGA MASYARAKAT DI DESA YANG KAMI KUNJUNGI MENGUSULKAN PERBAIKAN – PERBAIKAN  INFRASTUKTUR JALAN TERUTAMA JALAN LNGKUNGAN, JEMBATAN DRAINASE , PENYEDIAAN AIR BERSIH SERTA SARANA KEBERSIHAN.

III. BIDANG KEAGAMAAN
MASYARAKAT DIWILAYAH KEC. ARJOSARI DAN KEC. TEGALOMBO. MENGUSULKAN BANTUAN REHABILITASI MASJID DAN MUSHOLA KARENA MASIH BANYAK MASJID DAN MUSHOLA YANG BELUM MEMADAI.

IV. BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL
MASIH TERDAPAT WILAYAH DESA BAIK DIKECAMATAN ARJOSARI DAN KECAMATAN TEGALOMBO YANG SAMPAI SAAT INI MELUM MENERIMA PENERANGAN LISTRIK SEPERTI WILAYAH DUSUN GAMPING DESA NGRECO DUSUN BANGUNREJO DESA KARANGGEDE DAN SEBAGAINNYA OLEH KARENA ITU MASYARAKAT MENGUSULKAN KEPADA PEMERINTAH DAERAH UNTUK DAPATNYA  SEGERA MENGUSAHAAN AGAR JARINGAN LISTRIK INI BISA SAMPAI KE WILAYAH YANG SAMPAI SAAT INI BELUM MENERIMA ALIRAN LISTRIK.

V. BIDANG PERTANIAN
MASYARAKAT MENGUSULKAN BANTUAN TRAKTOR DAN MENGUSULKAN AGAR PADA WAKTU MUSIM TANAM MASYARAKAT MUDAH UNTUK MENDAPATKAN BIIT PADI YANG BERKWALITAS DAN MUDAH UNTUK MENDAPATKAN  PUPUK.

VI. BIDANG PEMUDA DAN OLAH RAGA
PADA SAAT INI PEMUDA PEMUDI RATA-RATA SUDAH MENEMPUH PENDIDIKAN MINIMAL SMA BAHKAN BANYAK LULUSAN PERGURUAN TINGGI. NAMUN SEBAGIAN BESAR BELUM BISA BEKERJA ATAUPUN MENCIPTAKAN LAPANGAN PEKERJAAN. MAKA DARI PADA ITU, KAMI MENGHARAP PERAN DAN PERHATIAN DARI PEMERINTAH UNTUK MENYIKAPI MASALAH INI, DENGAN CARA MEMBERIKAN BIMBINGAN, ARAHAN DAN PERMODALAN, AGAR PEMUDI PEMUDI KITA MENJADI PEMUDA YANG PRODUKTIF, DAN MENGURANGI ANGKA PENGANGGURAN DI NEGARA INI.

ADAPUN LEBIH RINCI DAN DETAILNYA  USULAN  MASYARAKAT YANG DIBAWA OLEH MASING MASING ANGGOTA DPRD DARI DAPIL 4 ARJOSAI TEGALOMBO AKAN KAMI LAMPIRKAN DALAM LAPORAN INI.

KESIMPULAN DARI HASIL PELAKSANAAN RESES INI  DAPAT DISIMPULKAN BAHWA MASYARAKAT DI KECAMATAN ARJOSARI DAN KECAMATAN TEGALOMBO MASIH MEMPUNYAI PERMASALAHAN YANG KOMPLEK OLEH KAREN ITU DIHARAPKAN  KEPADA PEMERINTAH DAERAH DAPATNYA MEMECAHKAN BERBAGAI PERMASALAHAN YANG TERJADI DIWILAYAH 2 KECAMATAN TERSEBUT SEPERTI APA YANG KAMI SAMPAIKAN DIATAS.

SARAN DIHARAPKAN HASIL PELAKSANAAN RESES DALAM RANGKA MENYERAP ASPIRASI DAN MASUKAN MASYARAKAT DAPAT DIJADIKAN REFRENSI BAGI DPRD KABUPATEN PACITAN DAN PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN DALAM RANGKA MEMBUAT KEBIJAKAN PENGANGGARAN DAN KEBIJAKAN PROGRAM DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAN MASYARAKAT DI KABUPATEN PACITAN. DAN HASIL RESES INI MENJADI BAGIAN DARI DOKUMEN PERENCANAAN DAERAH




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment