HASIL RESES ANGGOTA DPRD MASA SIDANG II DAPIL III

By Media Center 28 Agu 2015, 13:02:29 WIB Berita
HASIL RESES ANGGOTA DPRD MASA SIDANG II DAPIL III

LAPORAN HASIL PENYERAPAN ASPIRASI MASYARAKAT DAPIL III (KECAMATAN NAWANGAN DAN KECAMATAN BANDAR)

PERTAMA BIDANG PEMBANGUNAN/INFRASTRUKTUR. PERMASALAHAN YANG DITEMUKAN,  JALAN DUSUN KRAJAN LINGKUNGAN NGLEDOK S/D DUSUN GUPAKAN DAN SENDANG DESA NAWANGAN KEADAAN SUDAH RUSAK PARAH. JALAN GANG MENGHUBUNGKAN KABUPATEN WONOGIRI RUSAK BERAT, TOKAWI – HARGOSARI BATAS JATENG, DAN TIGA POROS, DENGAN KONDISI MEMPRIHATINKAN ANTARA LAIN : JALAN HARGOSARI JATENG, JALAN TOKAWI- TIRTOMOYO JATENG, JALAN TOKAWI- GADING JATENG. JALAN POROS DESA DI WILAYAH KECAMATAN NAWANGAN ( SETIAP DESA ) SUDAH RUSAK BERAT. JALAN LINGKUNGAN SETIAP DESA DI WILAYAH KECAMATAN NAWANGAN, MASIH KEADAAN JALAN TANAH. MINIMNYA LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM ( PJU ). MASIH BANYAKNYA LOKASI-LOKASI PERTANIAN YANG BELUM TERJANGKAU KENDARAAN, SEHINGGA SETIAP PANEN PETANI MENGUSUNG JARAK YANG CUKUP JAUH. JALAN DS. PAGER GUNUNG MENUJU DS. TOKAWI YANG MENJADI JALUR UTAMA MENUJU PASAR PAGER GUNUNG RUSAK BERAT KURANG LEBIH  3 KM. JALAN ASPAL YANG MERUPAKAN JALAN POROS DESA/KECAMATAN BANYAK YANG RUSAK PARAH ANTARA LAIN : DESA MUJING, DESA NAWANGAN, DESA SEMPU, DESA GONDANG.  MASIH ADANYA MASYARAKAT YANG BELUM MENIKMATI LISTRIK DI DESA PETUNGSINARANG KEC. BANDAR YAITU DUSUN NONGKO KURANG LEBIH  250 RUMAH DAN DUSUN WERU TEKLOK 4 RT. JALAN YANG MENGHUBUNGKAN ANTARA DESA PETUNGSINARANG MENUJU DESA MUJING , YANG MERUPAKAN JALAN UTAMA UNTUK MASYARAKAT DAN JALUR SEKOLAH SMP N 4 SUDAH RUSAK BERAT  KURANG LEBIH  3 KM.  JALAN LINGKAR SMKN KECAMATAN BANDAR SAAT INI SUDAH RUSAK PARAH. JALAN MENUJU DESA JERUK – NALANGAN- BANDAR, JALAN PUSKESMAS – NGUNUT, JALAN LINGKAR SMP 1 BANDAR ,DS. BANDAR – KLEDUNG - TEGALOMBO KEADAAN RUSAK BERAT. PEMBANGUNAN ASPAL PENESTRASI SELAIN VOLUMENYA TERLALU PENDEK DALAM TIAP-TIAP TITIK, JUGA KUALITAS PEKERJAANYA RATA-RATA DIBAWAH STANDAR DI WILAYAH KEC. BANDAR –NAWANGAN.  PENANGANAN PASCA BENCANA DAERAH TIDAK HANYA UNTUK JALAN DAN JEMBATAN ATAU FASILITAS BANGUNAN SAJA, AKAN TETAPI BENCANA JUGA SERING MENIMPA LAHAN PERTANIAN DAN PERKEBUNAN.
USULAN DARI MASYARAKAT, AGAR PEMERINTAH DAERAH MEMPRIORITASKAN PENGASPALAN DAN MERABAT ( COR BETON ) JALAN TERSEBUT.DIMOHON ADANYA ANGGARAN UNTUK PEMBANGUNAN JALAN TERSEBUT, KARENA JALAN SANGAT PENTING SEKALI, DAN SELAMA INI BELUM ADANYA PEMBANGUNAN JALAN TERSEBUT. ADANYA ALOKASI ANGGARAN UNTUK PEMBANGUNAN JALAN TERSEBUT.DIMOHON ADANYA PROGRAM  JALAN LINGKUNGAN. PEMDA AGAR MENGALOKASIKAN SETIAP DUSUN.PEMDA AGAR MENAMBAH PROGRAM JALAN USAHA TANI ( JUT ).AGAR PEMBANGUNAN JALAN-JALAN DESA DILAKUKAN SECARA TUNTAS, PADA TIAP-TIAP RUAS-RUAS JALAN, SEHINGGA MASYARAKAT DAPAT MENERIMA MANFAATNYA DENGAN NYATA. DIHARAPKAN JALAN SEGERA DI RABAT/DIMAKADAM.PEMDA AGAR SERA MEMBERI ALIRAN LISTRIK DAN DI BERI KERINGAN PEMBAYARANNYA.SARANA DAN PRASARANA YANG SANGAT DIBUTUHKAN MASYARAKATPERLU SEGERA DIKERJAKAN.AGAR JALAN TERSEBUT SEGERA ADA PERBAIKAN/PEMBENAHAN.PEMDA AGAR MENGANGGARKAN REHABILITASI JALAN TERSEBUT.PEMERINTAH DAERAH AGAR MEMBUAT PROGRAM SETIAP DUSUN DI PASANG KW METER PJU.PROGRAM PASCA BENCANA DIMOHON DAPAT MEMBERIKAN UANG BAGI KERUSAKAN LAHAN PERTANIAN DALAM BENTUK REKONSTRUKSI LAHAN AKIBAT BENCANA.

KEDUA, BIDANG KESEHATAN. PERMASALAHAN YANG DITEMUKAN, PERLUNYA ADANYA MOBIL KESEHATAN DI SETIAP DESA UNTUK MERINGANKAN MASYARAKAT PELOSOK KE PUSKESMAS.PERLU ADANYA KEMUDAHAN MENGURUS JAMKESDA.POLINDES DESA PETUNGSINARANG SUDAH TIDAK LAYAH DI DIHUNI, PERLU PERBAIKAN TOTAL.PUSKESMAS DESA JETIS LOR  KECAMATAN NAWANGAN  MASIH KEKURANGAN RUANG RAWAT INAP.
USULAN DARI MASYARAKAT, AGAR PEMDA SEGERA PEMPERBAIKI POLINDES YANG BENAR-BENAR KEBUTUHAN MASYARAKAT.PEMDA AGAR MEMPERMUDAH PERSYARATAN PESERTA JAMKESDA.PEMDA AGAR SEGERA MEMBERI MEMBERI ANGGARAN UNTUK BANGUNAN TERSEBUT. PEMDA AGAR SEGERA MENGANGGARKAN RUANG INAP TERSEBUT.

KETIGA BIDANG PENDIDIKAN.  PERMASALAHAN YANG DITEMUKAN, MASIH BANYAKNYA RUMAH GURU DI SETIAP SD. BELUM  ADANYA ALAT-ALAT DRUM BEND DI SMK N I DAN SMA N I KEC. NAWANGAN. BEBERAPA SEKOLAH SD MASIH KEKURANGAN TENAGA PENGAJAR KHUSUSNYA DI KECAMATAN NAWANGAN.
USULAN MASYARAKAT, AGAR ADANYA PROGRAM PEMBANGUNAN RUMAH GURU. AGAR PEMDA MEMBERI BANTUAN ANGGARAN UNTUK KEGIATAN TERSEBUT. AGAR SEGERA ADA PENAMBAHAN TENAGA PENGAJAR.

KEEMPAT. BIDANG PARIWISATA, SENI DAN BUDAYA. PERMASALAHANNYA, DESA TOKAWI, DESA PENGGUNG, DESA PAKIS BARU, PERLU SARPRAS OLAG RAGA YANG MEMADAI. DESA TOKAWI, DS.PENGGUNG, DS. PAKIS BARU, SANGAT MEMBUTUHKAN ALAT-ALAT KESENIAN.
USULAN MASYARAKAT,  AGAR ADANYA BANTUAN ANGGARAN DARI PEMDA. PEMDA AGAR MEMBERI  BANTUAN ANGGARAN  ATAU PERALATAN

KELIMA, BIDANG EKONOMI. PERMASALAHANNYA ADALAH PASAR DESA PENGGUNG, PASAR DESA PAKIS BARU, PASAR DESA TOKAWI DAN PASAR DESA GONDANG DALAM KONDISI RUSAK DAN TIDAK LAYAK DI TEMPATI.KELOMPOK-KELOMPOK USAHA KCIL MASIH SANGAT KEKURANGAN MODAL DAN SAAT INI KELOMPOK TERSEBUT MENCARI MODAL PINJAMAN DENGAN MODAL BUNGA TINGGI.
USULAN MASYARAKAT,  PEMDA AGAR MENGALOKASIKAN ANGGARAN, UNTUK PEMBANGUNAN PASAR TERSEBUT.ADANYA BANTUAN MODAL ATAU PINJAMAN MODAL TANPA BUNGA NOL PERSEN.

KEENAM, BIDANG PERTANIAN DAN PERKEBUNAN. PERMASALAHAN YANG DITEMUKAN, KURANGNYA PEMBENIHAN IKAN NILA DAN IKAN LELE SERTA  PEMBIBITAN CENGKEH DAN SENGON LAUT.BELUM ADANYA TATA RUANG AREAL PERTANIAN DI WILAYAH AGROPOLITAN KEC. NAWANGAN – BANDAR, SEHINGGA SAMPAI SAAT INI PETANI MASIH MENGGUNAKAN CARA TRADISIONAL.BANYAKNYA TANAMAN CENGKEH  YANG MATI, ANTARA LAIN : DS. MUJING, DS.  SEMPU, TOKAWI.
USULAN MASYARAKAT, KEPADA PEMERINTAH DAERAH DIMOHON BANTUANNYA PEMBENIHAN IKAN DAN PEMBIBITAN POHON TERSEBUT.PEMDA AGAR SEGERA MEMBUAT MASTERPLANT, AREA PERTANIAN DI WILAYAH KEC. NAWANGAN BANDAR.PEMDA AGAR SEGERA ADA BANTUAN BIBIT CENGKEH UNTUK PEREMAJAAN KEMBALI.

REKOMENDASI YANG DIBERIKAN OLEH ANGGOTA DPRD DAPIL III DIANTARANYA,  DINAS/SKPD TERKAIT UNTUK SEGERA MENINDAK LANJUTI BERBAGAI USULAN MASYARAKAT TERSEBUT. BAIK MELALUI ANGGARAN APBD KABUPATEN PACITAN MAUPUN PROGRAM-PROGRAM LAIN YANG BERASAL DARI PEMERINTAH PROVINSI MAUPUN PUSAT.



Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment