Hari Jadi ke-277, Tumandang Bangun Pacitan

By Media Center 05 Apr 2022, 12:15:32 WIB Berita
Hari Jadi ke-277, Tumandang Bangun Pacitan

Gambar : Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati, Wakil Bupati dan Pimpinan DPRD beserta istri saat peringatah HUT Kab. Pacitan ke 277


Prosesi upacara hari jadi ke-277 Pacitan, tahun ini sedikit berbeda. Disamping hadirnya sejumlah tamu undangan dari unsur masyarakat yang membuat suasana lebih meriah, upacara hari jadi Pacitan di Pendapa Mas Tumenggung Djogokarto, juga dihadiri oleh gubenur Jawa Timur, Kofifah Indar Parawansa. Dalam sambutanya, gubernur berpesan dan mengajak masyarakat Pacitan supaya menjadikan momen hari ulang tahun daerah berjuluk paradise of java ini sebagai pelecut spirit dan optimisme, untuk maju dan bangkit. Salah satunya, mengembangkan sektor unggulan Pacitan, yakni pariwisata.

“Tema Pacitan Tumandang memberikan spirit bagi kita untuk kerja keras. Hari ini kerja keras harus diikuti kerja profesional dan transformasi digital. Bersinergi dan berkolaborasi akan menjadi bagian penting untuk kemajuan Pacitan hari ini dan yang akan datang, apalagi Pacitan punya potensi yang sangat luar biasa di sektor pariwisata,” kata Khofifah Indar Parawansa saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Jadi ke-277 Kabupaten Pacitan, Sabtu (19/2/2022).

Gubernur menekankan pentingnya konektivitas wilayah, sebagai kunci membangun Pacitan. Dengan konektivitas yang mudah, potensi Pacitan bisa dengan leluasa dikelola dan dimanfaatkan. Baik pariwisata, pertanian, peternakan dan hasil laut. Konektivitas, lanjut kofifah, juga perlu didukung dengan promosi yang kuat.

“Konektivitas ini menjadi penting termasuk dengan daerah Mataraman lain. Jadi keindahannya Pacitan, luar biasanya pesona wisata di Pacitan ini saya rasa membutuhkan proses konektivitas dan publisitas lebih luas lagi. Sehingga wisatawan domestik maupun luar negeri bisa menikmati indahnya pesona wisata Pacitan,” ujarnya.

Kofiffah menyadari, kabupaten Pacitan membutuhkan dukungan dari pemprov jatim dan pemerintah pusat. Supaya laju pembangunan lebih maksimal. Ia berharap, potensi yang dimiliki Pacitan kedepan tak hanya untuk mensejahteraan warga, namun juga memberikan signifikansi kekuatan ekonomi disisi barat daya Propinsi Jawa Timur.

“Pacitan ini punya banyak potensi alam, akar budaya yang kuat, serta kekhasan lokal yang bisa jadi kekuatan baru, baik di Jawa Timur maupun bagi Indonesia. Kuncinya ialah sinergi terus menerus antara pemerintah dan warga,” jelasnya.

Sementara itu, bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan, momen hari  jadi ke-277 Pacitan sebagai kesempatan untuk mawas diri. Baik bagi masyarakat maupun pelaku penyelenggara pemerintahan dilingkup pemkab Pacitan. Ia mengajak semua pihak bersama-sama mewujudkan cita-cita pembangunan Pacitan, yakni masyarakat yang adil, sejahtera dan bahagia.

“Mari merayakan ulang tahun ini secara sederhana karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Untuk itu mari mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Mari berdoa semoga pandemi segera berakhir,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Pacitan yang hadir bersama jajaran pimpinan DPRD Kabupaten Pacitan, turut menyumbangkan harapan bagi kebaikan Pacitan. Ronny Wahyono, ketua DPRD Kabupaten Pacitan berharap, pembangunan daerah dari berbagai lini kehidupan semakin berkembang. Utamanya pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19.

“Moment hari jadi ke-277 ini, mari kita perkuat usaha dan do’a kepada sanga pencipta, supaya semua sektor kehidupan masyarakat Pacitan bisa bangkit dari pandemi,”harapnya.

Acara Hari Jadi ke-277 Kabupaten Pacitan ini diisi dengan kirab dan seremoni penyerahan pusaka berupa keris dan tombak dari sesepuh perawat pusaka kepada Gubernur Jawa Timur lalu diserahkan kepada bupati Pacitan. Sebelumnya juga dilaksanakan upacara ziarah makam pemimpin Pacitan terdahulu, atur tirto wening di desa Sukoharjo serta upacara Rucuh Pace didesa Nanggungan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment