DPRD Sayangkan Miliaran Piutang BPJS Di RSUD Pacitan

By Media Center 21 Sep 2020, 09:18:55 WIB Berita
DPRD Sayangkan Miliaran Piutang BPJS Di RSUD Pacitan

Gambar : RDP Komisi II Dengan RSUD dr. Darsono Pacitan


Ketua Komisi II DPRD Pacitan, Ronny wahyono menyayangkan timbulnya piutang BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Pacitan, yang angkanya mencapai miliaran. Kondisi ini mengancam keberlangsungan operasional rumah sakit yang berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. “Tahun 2019, target pendapatan dan belanja RSUD tidak dapat terpenuhi karena adanya keterlambatan pembayaran piutang BPJS kesehatan sebesar 11 miliar,” ungkapnya.

Piutang BPJS di RSUD Pacitan ini tentunya tidak di harapkan terjadi. Ronny khawatir, jika piutang tersebut terus menumpuk akan menghambat pelayanan rumah sakit. Terlebih, angkanya cukup besar. Di samping itu, masyarakat Kabupaten Pacitan banyak yang berobat mengandalkan fasilitas Jaminan kesehatan besutan pemerintah tersebut. “Harapanya kondisi ini tidak terulang untuk tahun-tahun berikutnya, BPJS kesehatan dapat membayar klaim tepat waktu,” harapnya.

Sementara itu, manajemen RSUD Pacitan mengaku sudah melakukan penagihan. Bahkan rumah sakit milik Pemkab Pacitan itu melayangkan klaim penagihan tepat waktu setiap bulannya. Namun, lantaran kebijakan pencairan berada di tangan pihak BPJS Pusat, tak banyak yang bisa di lakukan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment