DPRD Pacitan Bersama-sama Bupati Saksikan Paripurna MPR

By Media Center 14 Agu 2015, 10:13:20 WIB Berita
DPRD Pacitan Bersama-sama Bupati Saksikan Paripurna MPR

Agenda tahunan sidang paripurna MPR RI kali ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2015. Seperti biasanya, DPRD Pacitan bersama-sama dengan seluruh jajaran Forum Pimpinan Daerah menyaksikan secara bersama-sama agenda tersebut.
 
Rangkaian Sidang Paripurna MPR RI Tahun 2015 dimulai pukul 08.00 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Pada pukul 08.10-08.25 dilanjutkan dengan pembukaan sidang paripurna dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2015 oleh Ketua MPR RI. Pukul 08.25-09.05 diselenggarakan pidato kenegaraan Presiden RI sebagai kepala negara dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara. Pukul 09.15-09.20, pembacaan doa; dan pukul 09.15-09.25, penutupan sidang paripurna oleh Ketua MPR RI. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
 
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam pidatonya mengatakan penyelenggaraan sidang paripurna adalah langkah strategis yang diatur perundang-undangan. Tujuannya untuk membangun tradisi ketatanegaraan baru yang baik, menyampaikan kinerja yang telah diamanatkan rakyat kepada wakil-wakilnya.
 
“Ini adalah soal keterbukaan, soal transparansi. MPR bekerja, dan kinerja kita transparan untuk publik. MPR melaksanakan prinsip transparansi dan keterbukaan. Bukan hanya lembaga MPR, semua lembaga-lembaga negara melaporkan kepada rakyat tentang kinerjanya. Dari sana kita mengharapkan feed back dari rakyat,” kata Zulkifli.
 
Feed back dari rakyat bukan tanggapan langsung secara terbuka. Namun yang dimaksud adalah masukan-masukan dari rakyat di daerah, organisasi masyarakat, termasuk semua elemen masyarakat. Dinamika yang muncul dari masyarakat disampaikan kepada lembaga pengkajian untuk dijadikan masukan bagi MPR.
 
Zulkifli menjelaskan bahwa pidato Presiden dalam sidang paripurna adalah sambutan kepada rakyat tentang sebagian kecil kinerja lembaga-lembaga negara. Setelah Sidang Paripurna MPR RI ditutup secara resmi, sidang berlanjut dengan berganti Pimpinan, dari Pimpinan MPR RI kepada Pimpinan DPR dan DPD melakukan sidang DPR dan DPD. Setelah skorsing siang, dilanjutkan dengan sidang DPR RI dengan agenda pidato RAPBN.



Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment