DPRD Kabupaten Pacitan Pantau Progres PAD Tribulan Pertama

By Media Center 02 Jun 2021, 14:17:33 WIB Berita
DPRD Kabupaten Pacitan Pantau Progres PAD Tribulan Pertama

DPRD kabupaten Pacitan mengundang 13 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertugas menyerap pendapatan dari sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD). Di tribulan pertama tahun 2021 ini, total pendapatan asli daerah menyentuh angka 33,803 miliar, dari target tahun ini sejumlah 200 miliar rupiah. Meski ada sejumlah OPD yang serapanya lesu, DPRD mengapresiasi 4 OPD yang memiliki capaian signifikan dalam menyumbang pendapatan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” Dinas Kesehatan,Dinas Kominfo, Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan sudah melebihi target tribulan pertam. Kami harap ini terus di pertahankan”, Ujar ketua DPRD kabupaten Pacitan, Ronny Wahyono yang memimpin jalanya rapat yang berlangsung  di gedung DPRD Kabupaten Pacitan, .

Ketua DPRD kabupaten Pacitan tidak memungkiri, jika pandemi COVID-19, mendegradasi pendapatan asli daerah. Hal itu merupakan imbas dari perputaran ekonomi yang lesu, selama pembatasan sosial berlangsung. Semisal, pendapatan dari bunga dana bergulir yang dikelola Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, yang mengalami hambatan. Sehingga muncul sejumlah tunggakan iuran.

Meski sejumlah sektor PAD lesu, DPRD kabupaten Pacitan, berharap OPD penanggungjawab tetap optimis. Mengintervensi hambatan dan kendala serapan APBD untuk mengoptimalkan serapan. Legislatif mendorong, OPD berkomitmen mengejar target capaian Pendapatan Asli Daerah ini. “Tentu nantinya akan mempengaruhi komposisi belanja daerah di perubahan APBD 2021, yang juga berdampak terhadap pelayanan masyrakat, jika serapan PAD kita tak sesuai harapan,”Imbuhnya.

Ronny, juga meminta jajaran komisi di DPRD kabupaten Pacitan intens memantau dan berkordinasi dengan mitra kerja eksekutif masing-masing. Bulan Juni mendatang, DPRD kabupaten Pacitan bakal mengundang kembali 13 OPD penghasil untuk dilakukan monitoring serta evaluasi serapan PAD tribulan kedua. Upaya ini, sebagai bagian tanggungjawab lembaga legislatif, dalam mengawal dan mengawasi implementasi peraturan daerah.(mediacenter)

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment