DPRD Godok Dua Raperda Inisatif

By Media Center 21 Sep 2020, 09:15:57 WIB Berita
DPRD Godok Dua Raperda Inisatif

Gambar : Rudi Handoko, Ketua Bapemperda DPRD Pacitan


Badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) DPRD Pacitan tengah menggodok dua rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif wakil rakyat. Keduanya, Raperda tentang penyelenggaraan kearsipan dan raperda tentang kepemudaan. ”Nanti bulan September rencananya akan di paripurnakan,” ungkap Ketua Bapemperda DPRD Pacitan, Rudi Handoko.

Ia menjelaskan, Raperda tentang kepemudaan merupakan raperda inisiatif usulan komisi II sedangkan Raperda tentang penyelenggaraan kearsipan adalah usulan komisi I DPRD Pacitan. Pihaknya tidak menyoal mengapa hanya ada dua raperda yang di garap tahun ini. Sebab, pembentukan peraturan daerah di sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. ”Kami (Bapemperda) sudah menyurati masing masing komisi, bagi yang ingin mengajukan di persilahkan,” imbuhnya.

Selain raperda inisatif DPRD, menurutnya, juga ada raperda usulan eksekutif. Jumlahnya berkisar 20 butir raperda. Namun, hanya 9 raperda yang di kerjakan di tahun 2020. Sedangkan sisanya, di geser dan di garap tahun 2021. ”Ini juga imbas dari adanya refocusing anggaran akibat wabah pandemi korona,” tambahnya.

Menurutnya, Sebagian besar raperda sudah melalui fasilitasi kementrian dalam negeri dan memperoleh evaluasi teknis. Seperti perubahan judul dan naskah. Ia berharap, baik raperda inisiatif dewan maupun besutan eksekutif dapat di garap dengan lancar.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment