DPRD Fasilitasi Aspirasi Pelaku Usaha Lokal

By Media Center 20 Jan 2021, 12:58:18 WIB Berita
DPRD Fasilitasi Aspirasi Pelaku Usaha Lokal

Gambar : Rapat Dengar Pendapat (RDP) Pimpinan DPRD bersama komisi III memfasilitasi aspirasi perkumpulan pengusaha lokal "Jolo Arto"


Pelaku usaha lokal yang bergerak dalam bidang penjualan gadget seluler Senin pagi(18/1) menyampaikan aspirasi didepan wakil rakyat DPRD Pacitan. Mereka yang tergabung dalam perkumpulan “Jolo Arto” mengeluh dengan menurunnya pendapatan usaha hingga 80 % yang mereka nilai akibat masuknya sejumlah kompetitor dari luar daerah ke Pacitan.

“Semenjak adanya kompetitor, pendapatan usaha saya turun drastis, dampaknya tidak hanya income (pendapatan,red) tapi karyawan kita juga terimbas”.Ungkap Cucun, salah satu pemilik usaha perdagangan seluler.

DPRD Pacitan bersama pemkab Pacitan sejatinya telah menerbitkan Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 6 Tahun 2012 Tentang Perlindungan, Pemberdayaan Pasar Tradisional dan Penataan Pasar Modern. Aturan ini menjadi acuan mekanisme operasi pasar modern di Pacitan, agar tidak berbenturan dengan pengusaha lokal. Penegakan atas peraturan tersebut musti dioptimalkan. 

Di samping itu, terdapat Peraturan Bupati Pacitan Nomor 86 Tahun 2016 tentang Pedoman Penerbitan Izin Usaha. Dimana dalam bab VI tentang pemberian sanksi administrasi , toko swalayan yang melanggar ketentuan, dapat  dikenai sanksi berupa peringatan tertulis, pembekuan izin usaha hingga pencabutan izin usaha.

Terkait aspirasi dan keluhan para pengusaha lokal ini, Ketua DPRD Pacitan meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk melakukan kajian teknis. Termasuk mengawasi izin para pengusaha luar daerah, yang beroperasi di Pacitan. Jika ditemukan tindakan yang tidak sesuai prosedur, DPRD berharap pemerintah mengambil sikap tegas.

“Kami juga meminta komisi III untuk membahas ini lebih lanjut”.Ungkap Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono yang memimpin jalannya Rapat Dengar Pendapat (RDP).

RDP tersebut dihadiri oleh Pimpinan DPRD Pacitan, anggota perkumpulan “Jolo Arto”, jajaran pemerintahan kecamatan Ngadirojo, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Disperindag, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro serta jajaran komisi III DPRD Pacitan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment