Desa Jangan lelet Cairkan DD

By Media Center 15 Okt 2020, 08:25:13 WIB Berita
Desa Jangan lelet Cairkan DD

Gambar : Anggota komisi I DPRD Pacitan Bambang Margono berharap pemerintah desa tepat waktu mencairkan Dana Desa (DD)


Anggota komisi I DPRD Pacitan Bambang Margono berharap pemerintah desa tidak lelet mencairkan Dana Desa (DD). Pasalnya, anggaran yang sengaja di glontorkan pemerintah pusat kepada desa ini, sangat di butuhkan dalam rangka pemulihan ekonomi masyrakat di tengah pandemi corona.”Pemerintah desa adalah institusi terdekat dengan masyrakat.Jadi pencairan DD tepat waktu menjadi penting, agar kebutuhan masyrakat di tengah melemahnya ekonomi dapat di dukung dari sumber dana itu”.Ungkapnya.

Bambang menambahkan, di masa darurat seperti ini pemerintah di tuntut bekerja ekstra keras, tak terkeculai pemerintahan desa. Andil pemerintah desa cukup signifikan untuk  memastikan warganya tidak kelaparan.Di samping banyak persoalan di desa yang musti di dukung penyelesaianya dengan anggaran Dana Desa.”Kita tahu APBD Pacitan banyak yang di alihkan untuk penanganan corona.Dan imbasnya program di masyrakat tertunda.Setidaknya Dana Desa bisa menutupi sebagian persoalan ini.”Imbuh anggota DPRD dari dapil 1 Pacitan-Pringkuku itu.

Pihaknya tak ingin, dampak corona kian mencekik masyrakat akibat minimnya stimulant dan program bantuan dari pemerintah.Dana Desa harus di manfaatkan semaksimal mungkin agar benar benar di rasakan manfaatnya oleh masyrakat.ia pun meminta masyarakat turut melakukan pengawasan terhadap proses dam implementasi dana desa.

Hingga pertengahan September 2020, masih sekitar  61 desa yang belum mencairkan dana desa tahap ketiga. Total anggaran yang belum di serap kisaran 10,8 milyard rupiah.Desa di harapkan segera mengajukan surat permohonan, dan juga melaporkan realisasi penggunaan dana desa di tahap 1-2 minimal 50 persen sebagai syarat mencairkan dana desa tahap ketiga.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 9 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment