Dana BOS Bisa Fasilitasi Belajar Daring Siswa Di Tengah Pandemi

By Media Center 21 Sep 2020, 09:11:23 WIB Berita
Dana BOS Bisa Fasilitasi Belajar Daring Siswa Di Tengah Pandemi

Gambar : Terapkan Protokol Kesehatan, Sejumlah Siswa Belajar Di Rumah Karena Tak Punyai Gadget


Komisi II DPRD Pacitan meminta Dinas Pendidikan mengoptimalkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi korona. Termasuk penggunaan dana BOS untuk memberikan fasilitas telepon pintar dan pulsa data bagi siswa.

”Kepemilikan bisa di sikapi oleh sekolah. Bahkan saat ini bisa di anggarkan lewat dana BOS, karena memang kebutuhannya seperti itu,” terang anggota Komisi II DPRD Pacitan, Adi Subroto.

Ia berharap, di tengah kondisi pandemi ini pihak sekolah berani mengambil langkah mengalokasikan dana untuk kebutuhan belajar siswa. Jika ragu-ragu, maka dampak buruknya siswa tidak bisa belajar optimal. Pasalnya, tidak semua siswa memiliki gadget.

Namun Politisi PKB itu mewanti-wanti, agar pengadaan telepon pintar itu di awasi secara ketat. Jangan sampai timbul penyelewengan anggaran dana BOS. Termasuk pengaturan mekanisme kepemilikan gadget, apakah di pinjamkan atau menjadi hak milik siswa. Pun penggunaan oleh para siswa juga harus di awasi. ”Di sinilah peran dinas pendidikan yang mestinya melakukan pembinaan kepada sekolah,” imbuhnya.

Masalah lain, tidak semua siswa bermukim di daerah yang terjangkau sinyal operator. Lantaran berada di zona blankspot, sebagian siswa sulit berkomunikasi maupun menerima materi pembelajaran dari gurunya. Tidak sedikit, pengajar yang berkunjung langsung kerumah muridnya, untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. ”Kami apresasi, langkah tenaga pendidik seperti itu. Bagi lembaga yang di zona luring (luar jaringan) memang mesti memamksimalkan home visit dengan pengawasan yang terukur,” pungkas Adi Subroto.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment