750 PNS masuk masa pensiun, pemkab pacitan kekurangan pegawai

By Media Center 21 Sep 2020, 12:02:25 WIB Berita
750 PNS masuk masa pensiun, pemkab pacitan kekurangan pegawai

Gambar : Rekrutmen CPNS Tahun lalu belum mencukupi kekurangan pegawai di pemerintahan pacitan


Pemkab pacitan kekurangan pegawai negeri sipil (PNS). Jumlahnya terus berkurang seiring usia pegawai yang memasuki masa Pensiun. Hasil penghitungan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP), terdapat 790 pegawai yang purnatugas pada 2020 dan 2021. DPRD Pacitan meminta pemerintah mengambil sikap.”Hal ini akan berdampak terhadap kekurangan kebutuhan ASN di masing masing (OPD) Organisasi Perangkat Daerah”. Ungkap Bagus Surya Pratikna, anggota DPRD Pacitan saat menyampaikan laporan hasil rapat badan anggaran DPRD Pacitan tentang pembahasan rancangan KUA-PPAS 2021.

Saat ini jumlah pegawai pemkab yang tersisa ada 6 ribuan orang. Kondisi itu dianggap kurang ideal dengan beban kerja yang ada. Sedangkan, hasil rekrutmen CPNS selama dua tahun terakhir belum mencukupi defisit pegawai. Pegawai yang bakal pensiun itu tersebar di sejumlah tingkatan. Mayoritas guru dan tenaga kesehatan. Tidak sedikit PNS yang akhirnya rangkap jabatan.”Terhadap kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama pada tahun 2021, agar pemerintah daerah segera mempersiapkan anggaran dan melaksanakan rangkaian seleksi sesuai peraturan perundang-undangan”.Imbuhnya.

Kekurangan pegawai ini tentu mengancam roda pemerintahan pemkab pacitan.Pasalnya, ASN berperan melayani masyrakat dan mewujudkan visi misi pemerintahan.DPRD merekomendasikan agar pemkab pacitan merekrut tenaga non-PNS.”Pegawai tidak tetap akan membantu supaya kinerja OPD dapat berjalan sesuai dengan harapan”.Pungkas anggota DPRD Dapil Nawangan-Bandar tersebut.(mediacenter)

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment