Pimpinan DPRD Apresiasi Pacitan Memperoleh Penghargaan Adipura ke-11

By Media Center 17 Jan 2019, 12:28:30 WIB Berita
Pimpinan DPRD Apresiasi Pacitan Memperoleh Penghargaan Adipura ke-11

Gambar : Bupati Indartato Menyerahkan Penghargaan Adipura Kepada Ketua DPRD Ronny Wahyono


Raihan penghargaan Adipura ke-11 secara berturut-turut atau total yang ke-14 untuk Kabupaten Pacitan disambut gembira Ketua DPRD Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono. Meski demikian ia berpesan agar capaian itu tidak serta merta mengurangi porsi kebijakan pemerintah daerah, untuk mendukung terciptanya lingkungan bersih dan sehat serta pelestarian alam.  “Karena tantangan pembangunan berwawasan lingkungan kedepan akan lebih besar,” harapnya.

Tak lupa anggota legislatif dari Dapil Pacitan 5 ini juga memberikan apresiasi atas upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah kabupaten (pemkab) dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui program-program berbasis kebersihan. Salah satunya berbuah penghargaan 'Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan.

Dia menilai, terjadinya perubahan peningkatan kemandirian masyarakat dalam menjaga kebersihan, selain karena gencarnya program pemerintah, juga disebabkan mulai tumbuh kesadaran dari dalam diri mereka. Terlebih dampak dari membuang sampah sembarangan dirasakan langsung. Khususnya ketika terjadi bencana banjir akibat banyaknya sampah di sungai. Sehingga menghambat aliran dan memicu luapan.

Namun demikian, Ronny berpesan agar pemerintah daerah melalui DLH setempat, lebih dalam pengabdiannya dan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan. Karena menjaga dan melestarikan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama, begitu juga halnya dengan anggaran sosialisasi di DLH agar diperbanyak. Karena diketahui biaya sosialisasi ke masyarakat membutuhkan anggaran dana yang tidak sedikit. “Bagi masyarakat agar kebersihan lingkungan sekitar diperhatikan, jangan selalu berharap atau berpatokan terus pada pemerintah daerah melalui petugas kebersihan," katanya.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment