Laporan Hasil Reses, DPRD Pacitan Gelar Rapat Paripurna

By Media Center 08 Feb 2019, 10:40:24 WIB Berita
Laporan Hasil Reses, DPRD Pacitan Gelar Rapat Paripurna

Setelah melakukan kegiatan penjaringan aspirasi pada masa reses, anggota DPRD Pacitan menggelar sidang paripurna penyampaian laporan hasil reses oleh masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Dalam penyampaian laporan hasil reses, masing-masing juru bicara Dapil mengemukakan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, baik di sektor pembangunan fisik maupun non fisik yang meliputi bidang infrastruktur, pendidikan, sosial, ekonomi, kesehatan, dan kesejahteraan rakyat.

Ketua DPRD Ronny Wahyono mengemukakan, aspirasi masyarakat yang disalurkan kepada anggota dewan nantinya akan diserahkan kepada Bupati untuk ditindaklanjuti.

"Apapun aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dalam reses, merupakan bentuk pernyataan masyarakat dalam membangun lingkungannya," kata wakil rakyat dari Partai Demokrat Dapil Tulakan-Kebonagung.

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua DPRD Pacitan Gagarin. Menurutnya, kunci penting keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah ditentukan antara lain oleh kemampuan Pemerintah Daerah dan DPRD dalam menjalankan tugas dan kewenangannya.

"Reses adalah merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen. Melalui kunjungan kerja secara berkala, merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya," ungkap Legislator Partai Golkar dari Dapil Ngadirojo-Sudimoro ini.

Sementara, Mardiyanto yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD mengatakan pelaksanaan reses merupakan kewajiban bagi pimpinan dan anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala, untuk bertemu konstituen pada Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing.

"Pada dasarnya reses meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat. Selain itu, guna mewujudkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balances antara DPRD dan pemerintah daerah," kata politisi PDI Perjuangan dari Dapil Punung-Donorojo.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment