DPRD Pacitan Dukung Kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020

By Media Center 30 Jan 2020, 09:11:54 WIB Berita
DPRD Pacitan Dukung Kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020

Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) oleh Badan Pusat Statistis (BPS) mendapat dukungan penuh dari DPRD Kabupaten Pacitan.

Sensus Penduduk 2020 bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia. Selain itu, membentuk kerangka sampel untuk kegiatan statistik sepuluh tahun kedepan, memperoleh data parameter demografi (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) untuk keperluan proyeksi penduduk, indikator SDGs, serta sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Pada pelaksanaan SP2020, untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia, BPS menggunakan metode kombinasi dengan memanfaatkan data Ditjen Dukcapil Kemendagri yang kemudian akan dilengkapi dengan pencacahan lengkap di tahun 2020 dan survei di tahun 2021.

Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode. Yaitu, periode pertama, tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020 adalah sensus penduduk online. Artinya, seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukannya secara mandiri melalui https://sensus.bps.go.id. Untuk periode kedua, tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2020 adalah kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan berdasarkan daftar penduduk hasil pengisian sensus penduduk secara online.

Pada kegiatan verifikasi lapangan, petugas sensus melakukan pengecekan keberadaan penduduk berdasarkan daftar penduduk hasil sensus penduduk online dan penyisiran ke lapangan bersama ketua/pengurus satuan lingkungan setempat. Sementara pada tahap pencacahan lapangan, petugas sensus melakukan wawancara langsung kepada penduduk yang belum melakukan Sensus Penduduk Online.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment