DPRD Desak Pemkab Tambah Tenaga Penjaga Pantai

By Media Center 27 Des 2018, 12:11:12 WIB Berita
DPRD Desak Pemkab Tambah Tenaga Penjaga Pantai

Gambar : Ketua DPRD Ronny wahyono


Penambahan tenaga lifeguard atau penjaga pantai di Pacitan dinilai sudah tidak bisa ditunda lagi. Itu berkaca dari maraknya kasus kecelakaan laut yang melibatkan wisatawan. Terbaru, seorang turis asal Jepang tewas tenggelam saat berenang di Pantai Watukarung.

Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono mendesak eksekutif segera merealisasikan rencana penambahan lifeguard. Apalagi, angka kunjungan wisatawan ke Pacitan ditargetkan naik tahun depan. ‘’Untuk itu harus ada jaminan keselamatan bagi para pengunjung,’’ ujar Ronny.

Diakuinya, proses penambahan lifeguard yang saat ini masih dalam tahap penyusunan peraturan bupati (perbup) membutuhkan waktu tidak singkat. Hanya, pihaknya tidak ingin proses tersebut berlarut-larut. ‘’Intinya kami minta secepatnya,’’ tegasnya.

Ronny ingin persiapan penambahan lifeguard segera dilakukan. Baik proses rekrutmen, pelatihan, dan pengadaan perlengkapan. Pun dia meminta meski di bawah naungan satpol PP, tenaga penjaga pantai tidak diambil dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS), termasuk dari satker itu.

Dia meminta tenaga lifeguard diambilkan dari warga sekitar kawasan wisata. Setidaknya, mereka memiliki pengetahuan medan lebih baik dan tanggung jawab menjaga wilayahnya. ‘’Dari segi mobilitas juga lebih baik. Kalau terjadi apa-apa bisa lebih cepat turun ke lokasi,’’ jelasnya.

Meski begitu, mereka wajib menjalani pelatihan intensif seputar search and rescue (SAR). Mulai berenang, menyelam, hingga cardiopulmonary resuscitation (resusitasi jantung dan paru-paru). ‘’Penambahan tenaga lifeguard tidak boleh dilakukan asal-asalan,’’ tekannya.

Ronny pun berangan-angan biaya penambahan tenaga lifeguard hingga upah kerjanya tidak bersumber anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Pacitan. Melainkan dari dana desa ataupun pemasukan dari retribusi atau objek lain dari lokasi wisata. ‘’Nantinya pemda yang memfasilitasi dan membuatkan regulasi,’’ imbuhnya.
 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment