Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/imagomed/public_html/dprd.pacitankab.go.id/config/koneksi.php on line 12
Pemandangan Umum Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional

081234123504

Pemandangan Umum Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional

19 Desember 2016
02:55:57 WIB
Terhadap 6 rancangan perda yang diajukan oleh Bupati Indartato, Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional melalui juru bicaranya Handono memberikan apresiasi serta menyambut baik atas keseriusan bupati dan jajaran yang telah menyusun 6 raperda tersebut.

Tentang rancangan perda pemilihan kepala desa serentak dan syarat calon kepala desa, Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional berpendapat masih perlu ada penyempurnaan agar benar-benar menjadi produk hukum yang berkualitas. Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional mengusulkan dalam Raperda ini tidak hanya mengatur masalah  secara umum, tetapi juga mengatur tentang teknis pelaksanaan. Termasuk didalamnya mencantumkan pasal dimana calon kepala desa tidak diwajibkan untuk membiayai penyelenggaraan pemilihan kepala desa akan tetapi semua pembiayaan dibebankan kepada APBD dan APBDes.

Selanjutnya, terhadap Raperda pembentukan lembaga penyiaran publik lokal radio suara Pacitan (RSP), Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional berpendapat sejauh mana urgensi dari Raperda ini. Karena dengan adanya perda, maka muncul pembiayaan yang berasal dari APBD. Padahal, jangkauan radio suara Pacitan (RSP) hanya di seputaran kota Pacitan saja. Oleh karena itu, Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional mohon penjelasan rencana kedepan setelah Raperda ini nantinya ditetapkan menjadi perda.

Terhadap Raperda rencana induk pengembangan kepariwisataan daerah Kabupaten Pacitan 2016-2026, Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional berpendapat dengan akan ditetapkannya Raperda ini, akan menjadi dasar pijakan arah pembangunan kepariwisataan yang komprehensif, berkesinambungan dan inovatif dalam menghadapi persaingan kepariwisataan yang semakin ketat. Pemerintah daerah juga harus mampu memetakan permasalahan yang mendasar, misal akses jalan menuju obyek wisata, pengelolaan parker, tarif rumah makan, tempat wisata yang semrawut dan terkesan kumuh, penataan pedagang kali lima dan sebagainya. Sementara, untuk menunjang potensi wisata, Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional mengusulkan agar materi promosi pariwisata dibuat dengan terbarukan pada titik-titik lokasi yang strategis dengan memasang videotron.

Terhadap Raperda tentang perubahan atas perda 21/2010 tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga, Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional berharap dengan adanya perubahan ini menjadi salah satu peluang untuk meningkatakan PAD. Namun dengan adanya kenaikan tarif, yang terpenting adalah transparansi pengelolaan tempat wisata. Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional mengusulkan supaya target bisa tercapai ditipa lokasi untuk penarikan retribusi diserahkan kepada pihak ketiga melalui tender. Hal ini bisa menghilangkan prasangka buruk kepada SKPD terkait  yang selama ini menurut beberapa pihak terjadi kebocoran.

Tentang pembatalan perda 6/2011 dan perda 7/2011, Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional sependapat karena bertentangan dengan peraturan diatasnya.

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Banner

    Berita Terpopuler

    Selang sehari setelah kedatangan jajaran Polres Pacitan, tepatnya
    Setelah sebelumnya pada Rabu 28 Oktober 2015 Bupati Pacitan

    Facebook Fanpage