Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/imagomed/public_html/dprd.pacitankab.go.id/config/koneksi.php on line 12
DPRD Kabupaten Sleman Kunjungi Pacitan Bahas Pengelolaan Jalan Dan Kesehatan Lingkungan

081234123504

DPRD Kabupaten Sleman Kunjungi Pacitan Bahas Pengelolaan Jalan Dan Kesehatan Lingkungan

23 Agustus 2017
14:34:35 WIB
DPRD Kabupaten Sleman menggunjungi DPRD Kabupaten Pacitan untuk melakukan studi banding terkait pengelolaan jalan dan kesehatan lingkungan. Rombongan yang terdiri dari Komisi C dan Komisi D DPRD Kabupaten Sleman tersebut diterima langsung oleh anggota Komisi IV Tejo Kusmoro dan anggota Komisi II Rudi Handoko.
 
Ketua Komisi C DPRD Sleman Timbul Saptowo, memaparkan, Kabupaten Sleman secara administratif terdiri 17 wilayah Kecamatan, 86 Desa, dan 1.212 Dusun, dengan luas wilayah 57.482 Ha atau sekitar 18% dari luas Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta. Sedangkan APBD yang dimiliki sekitar Rp 2,3 triliun dengan pendapatan asli daerah (PAD) sekitar 700 miliar.
 
Dengan kondisi seperti itu, infrastruktur, terutama jalan, harus jelas wewenang dan tanggung jawabnya. Baik jalan nasional, propinsi maupun jalan kabupaten. Hal itulah yang ditanyakan oleh Timbul Saptowo. Sehingga, kalau jelas ada aturan terkait hal tersebut, kedepan tidak akan lagi saling menunggu jika jalan-jalan di wilayahnya ada yang rusak.
 
“Kalau di Pacitan apakah sudah ada aturan terkait status jalan. Karena hal itu terkait dengan perbaikan dan perawatan, termasuk anggaran,” kata Timbul Saptowo.
 
Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi IV Tejo Kusmoro menjelaskan, di Pacitan ada empat jenis jalan menurut anggarannya. Pertama adalah jalan nasional sumber dananya APBN, kemudian jalan propinsi dengan sumber dana APBD propinsi, jalan kabupaten yang dibiayai oleh ABPD kabupaten dan jalan desa yang bisa dibiayai melewati dana desa.
 
“Namun hingga kini juga masih ada kerancuan terkait jalan desa. Karena banyak juga yang perbaikan dan perawatannya menggunakan dana APBD,” kata Tejo Kusmoro.
 
Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sleman Nafsir Fauzi, menanyakan pengelolaan kesehatan di Kabupaten Pacitan, terutama kesehatan lingkungan. Karena kalau terkait kesehatan masyarakat secara nasional grand design-nya pasti sama.
 
Anggota Komisi II Rudi Handoko, dalam paparannya mengatakan kesehatan lingkungan di Kabupaten Pacitan, dengan adanya OPD yang baru, di bawah kendali Dinas Lingkungan Hidup. Tentu saja, dinas-dinas terkait seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan terlibat didalamnya. 
 
“Seperti misalnya, pengembangan sekolah Adiwiyata. Pengembangan kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, Dinas Pendidikan terlibat didalamnya,” tandas Rudi Handoko.





Share



59 Komentar

    toko jilbab bergo 24 Agustus 2017

    toko jilbab bergo

    jilbab bergo online 24 Agustus 2017

    jilbab bergo online

    jilbab cantik murah 25 Agustus 2017

    jilbab cantik murah

    jilbab cantik online 25 Agustus 2017

    jilbab cantik online

    jual jilbab dress 26 Agustus 2017

    jual jilbab dress

    jilbab dress murah 26 Agustus 2017

    jilbab dress murah

    herbal sejagat 26 Agustus 2017

    herbal sejagat berusaha memasarkan obat tradisional bermutu, obat herbal kista ovarium tanpa operasi bermaksud untuk memulihkan keadaan kesehatan fisik customer. Toko herbal sejagat salah satu grosir herbal terunggul di Asia Tenggara. obat herbal gondok tiroid alami Yang dijalankan oleh pekerja yang berdedikasi, sehingga menghasilkan mutu service berkualitas terbaik. Toko Online herbal sejagat ialah jalan keluar terbaik untuk konsumen yang hendak sembuh dari pelbagai penyakit yang di idap. obat herbal kanker limfoma hodgkin

    jilbab elegan online 28 Agustus 2017

    jilbab elegan online

    jual jilbab elegan terbaru 28 Agustus 2017

    jual jilbab elegan terbaru

    jilbab etnik terbaru 29 Agustus 2017

    jilbab etnik terbaru

    Awal 123... 6

Form Komentar

Banner

Berita Terpopuler

Selang sehari setelah kedatangan jajaran Polres Pacitan, tepatnya
Setelah sebelumnya pada Rabu 28 Oktober 2015 Bupati Pacitan

Facebook Fanpage