Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/imagomed/public_html/dprd.pacitankab.go.id/config/koneksi.php on line 12
DPRD Berikan Catatan Strategis Terhadap LKPJ Bupati

081234123504

DPRD Berikan Catatan Strategis Terhadap LKPJ Bupati

19 Mei 2015
09:25:33 WIB

DPRD Pacitan gelar rapat paripurna istimewa tentang rekomendasi atas laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Pacitan tahun anggaran 2014, Kamis (09/04). Beberapa catatan strategis diberikan DPRD terhadap eksekutif. “Kita semua berharap bahwa apa yang kita lakukan dan kerjakan semata-mata demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Pacitan,” kata Ketua DPRD Pacitan, Ronny Wahyono.

Keputusan DPRD Pacitan nomor 188.46/02/KTPS/DPRD/2015 tersebut memberi catatan strategis yang berisikan saran, masukan dan atau koreksi. Rekomendasi yang dibacakan oleh Pujo Setyo Hadi dari fraksi Partai Demokrat tersebut menyoal hampir keseluruhan penggunaan anggaran di masing-masing SKPD.

Dari sisi pendapatan, kata Pujo, PAD mengalami kenaikan di bandingkan tahun sebelumnya. Namun pemerintah daerah kurang berani dalam penetapan target. Sehingga realisasinya belum maksimal pada beberapa sumber pendapatan, diantaranya pajak. Sementara, pendapatan daerah yang mengalami kenaikan adalah pos retribusi pelayanan kesehatan dan tempat rekreasi dan olahraga.

Untuk pengelolaan, dari belanja tidak langsung meskipun terdapat penghematan sebesar Rp 62.681.864.675,26 namun hal tersebut bukanlah efisiensi belanja, akan tetapi karena perencanaan belanja yang terlalu berlebihan pada pos belanja pegawai. “Untuk anggaran mendatang kami harapkan terjadi perbaikan perencanaan atas belanja pegawai di belanja tidak langsung” kata Pujo.

Lebih lanjut Pujo menjelaskan dari sisi pengelolaan belanja langsung, proporsi total belanja sebesar 33,08% menandakan pemerintah daerah kurang berkomitmen terhadap belanja yang berpihak langsung kepada publik. Karena, menurutnya seharusnya proporsi realisasi harus lebih besar dari proporsi target. Penghematan belanja langsung tidak semua karena efisiensi dan efektifitas penggunaan anggaran. Ada dua kegiatan skala besar yang mendapat sorotan, yaitu pengadaan tanah untuk waduk tukul sebesar Rp 3.000.000.000 serta kegiatan pembangunan dan peningkatan pasar daerah sebesar Rp 10.000.000.000. Seharusnya, lanjut Pujo dalam LKPJ bupati harus menjelaskan permasalahan, kendala dan solusinya. “Secara umum capaian kinerja penyelenggaraan daerah dari beberapa indikator makro telah mengalami peningkatan dan kemajuan. Untuk itu DPRD mengapresiasi kepada kinerja bupati dan jajarannya,” pungkas Pujo.

Sementara, Bupati Pacitan Indartato mengatakan masukan, kritik dan saran untuk Pacitan kedepan lebih baik sangat diperlukan untuk pencapaian maksimal dalam kinerja. Terkait pelaksanaan, kata Bupati, APBD mungkin mengalami pergeseran guna mendukung keselarasan pembangunan nasional. Termasuk penyesuaian terhadap regulasi baru. “Kami menyadari bahwa belum semua harapan masyarakat maupun mitra pemerintah yaitu DPRD mampu diwujudkan. Namun catatan strategis ini akan menjadi perhatian pada penyelenggaraan pemerintahanan tahun mendatang,” kata Bupati Indartato.

Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Banner

    Berita Terpopuler

    Selang sehari setelah kedatangan jajaran Polres Pacitan, tepatnya
    Setelah sebelumnya pada Rabu 28 Oktober 2015 Bupati Pacitan

    Facebook Fanpage