Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/imagomed/public_html/dprd.pacitankab.go.id/config/koneksi.php on line 12
DPRD Berikan Catatan Strategis Terhadap LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati

081234123504

DPRD Berikan Catatan Strategis Terhadap LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati

15 Oktober 2015
09:40:29 WIB
DPRD Pacitan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Keputusan Tentang Rekomendasi atau Catatan Strategis Atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Akhir Masa Jabatan Bupati Pacitan Tahun 2011-2016, Selasa (13/10/2015).
 
Ketua DPRD Ronny Wahyono, mengawali siding paripurna, menjelaskan, rekomendasi DPRD berupa catatan strategis yang berisikan saran, masukan atau koreksi, dalam rangka perbaikan kinerja sebagai bahan instropeksi dalam penyelenggaraan pemerintahan ke depan menjadi lebih baik lagi.
 
“Secara umum penyelenggaraan pemerintahan dari tahun 2011 hingga 2015 telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Namun masih terdapat kekurangan dalam penyajian sistim laporan serta capaian kinerja yang telah ditentukan dalam RPJMD,” kata Ronny Wahyono.
 
Beberapa saran dan rekomendasi dari DPRD, diantaranya adalah, penetapan PAD pada tahun anggaran mendatang sebaiknya didasarkan pada target dan realisasi tahun sebelumnya dan mempertimbangkan potensi tahun yang berkenaan. Untuk optimalisasi PAD, pemerintah harus melaksanakan intensifikasi dan ekstensifikasi. Juga melakukan kajian potensi serta upaya meminimalisir kebocoran.
 
Untuk kinerja belanja daerah, perencanaan belanja tidak langsung perlu dilakukan dengan cermat dan meminimalkan accres, serta diupayakan proporsinya sebesar 50 persen dari total belanja daerah. Selain itu, penyerapan anggaran sebaiknya dilakukan secepat mungkin, namun juga harus memperhatikan efisiensi dan efektifitas. Untuk pos belanja langsung, agar diupayakan untuk mendukung profesionalisme birokrasi dan meningkatkan aparatur yang memiliki kompetensi sesuai bidang.
 
Terkait dengan penyusunan dokumen LKPJ akhir masa jabatan ini, hendaknya dimasukkan juga tehnik pengumpulan data, metodologi, serta analisis dan pembobotannya. Maka dari itu, untuk tahun berikutnya agar di susun langsung oleh Bappeda. 
 
Dengan banyaknya permasalahan di bidang pendidikan, pemerintah harus serius, fokus dan obyektif serta membuka diri kepada para pakar yang berkompeten dalam menyusun peta pendidikan di Pacitan sehingga bisa dirumuskan strategi pendidikan secara maksimal.
 
Untuk meningkatkan pelayanan dan profesionalisme dalam bidang kesehatan, agar selalu meng-upgrade SDM yang ada. Selain itu, pemerintah daerah hendaknya segera merencanakan dan membuat prioritas untuk membangun atau merehabilitasi bangunan puskesmas yang sudah tidak layak.
 
“Kami mencermati dalam kebijakan terhadap penataan aparatur pemerintah daerah selama lima tahun ini belum memiliki arah yang jelas karena belum memiliki road map reformasi birokrasi,” Kata Juru Bicara DPRD, Mardiyanto, yang juga Wakil Ketua DPRD ini.


Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Banner

    Berita Terpopuler

    Selang sehari setelah kedatangan jajaran Polres Pacitan, tepatnya
    Setelah sebelumnya pada Rabu 28 Oktober 2015 Bupati Pacitan

    Facebook Fanpage