Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/imagomed/public_html/dprd.pacitankab.go.id/config/koneksi.php on line 12
Dewan Apresiasi Upaya Pemkab Pacitan Kembangkan Sekolah Inklusi

081234123504

Dewan Apresiasi Upaya Pemkab Pacitan Kembangkan Sekolah Inklusi

23 Agustus 2017
14:32:15 WIB
Pemerintah Kabupaten Pacitan serius memperhatikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Ini karena sebagian besar dari mereka belum berkesempatan mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah inklusi.

Data Dinas Pendidikan menyebutkan, jumlah anak usia belajar berkebutuhan khusus tingkat SD sebanyak 523 orang. Dari jumlah itu 284 sudah terlayani lembaga pendidikan reguler, dan 97 orang lainnya bersekolah di SLB. Sedangkan 142 anak belum mendapat layanan pendidikan memadai. Di tingkat SMP, dari 123 anak usia sekolah berkebutuhan khusus baru 64 orang mendapat akses pendidikan. “Yang SD ini memang kita masih ada 142 anak yang belum terlayani. Makanya Pak Bupati begitu mendapat informasi ini langsung bergerak kaitannya untuk anak-anak berkebutuhan khusus untuk yang akan datang,” papar Marwan, Kepala Dinas Pendidikan Pacitan.

Guna mengentaskan persoalan tersebut, Pemerintah Kabupaten Pacitan baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Perguruan Tinggi di Kota Pahlawan itu akan memfasilitasi pendidikan dan pelatihan khusus bagi para guru dari Pacitan. Para pendidik tersebut nantinya diharapkan lebih siap memerankan diri sebagai guru inklusi. “Itu nanti dalam waktu ke depan dari Unesa akan mendatangkan guru dari fakultasnya untuk mendidik guru-guru yang ada di Pacitan yang khusus untuk menangani inklusi. Sehingga ke depan mereka mendapatkan guru yang tepat,” tambah Marwan.

Pandangan positif disampaikan anggota Komisi II DPRD Pacitan, Triyani. Legislator perempuan asal daerah pemilihan Pacitan 2 (Punung-Donorojo) itu menilai pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di Pacitan masih perlu perhatian. Ini setelah dirinya ikut memantau langsung penyelenggaraan pendidikan di salah satu desa di Kecamatan Tulakan.

Di tempat tersebut, siswa berkebutuhan khusus masih mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas umum. Dampaknya, proses pembelajaran terhambat. Siswa kelas umum tidak dapat menyerap materi pelajaran dengan baik. Sementara karena keterbatasannya murid berkebutuhan khusus tidak mampu mengikuti pelajaran dengan sempurna. "Kami akan secepatnya bertemu dengan Dinas Pendidikan untuk membahas perubahan anggaran. Dan kami akan upayakan isu ini masuk dalam skala prioritas," ungkapnya dihubungi Kabar Dewan.

Soal kerjasama pemerintah daerah dengan kalangan akademisi guna mencetak guru inklusi, wakil rakyat dari Partai Demokrat ini mendukung sepenuhnya. Hanya saja, pesan Triani, kesejahteraan para guru dengan keterampilan khusus tersebut juga wajib diperhatikan. Dia mencontohkan adanya guru inklusi di sebuah SD yang akhirnya mengundurkan diri dan memilih mengabdi sebagai perangkat desa. Dampaknya, murid yang ditinggal terpaksa diajar guru kelas biasa. "Saya harap hal semacam itu tidak terjadi lagi," ujarnya wanti-wanti.

Seperti diketahui, penandatanganan Kerjasama Pemerintah Kabupaten Pacitan dengan Unesa dilaksanakan di Surabaya, Senin (17/7/2017) siang. Bupati Indartato hadir atas nama Pemerintah Kabupaten Pacitan. Sedangkan dari pihak Unesa diwakili langsung rektor, Profesor Warsono.

Share



17 Komentar

    jual jilbab bergo terbaru 24 Agustus 2017

    jual jilbab bergo terbaru

    toko jilbab bergo terbaru 24 Agustus 2017

    toko jilbab bergo terbaru

    jual jilbab dress murah 26 Agustus 2017

    jual jilbab dress murah

    herbal sejagat 26 Agustus 2017

    Situs herbal sejagat obat herbal stroke ringan berat ampuh merupakan Agen produk kesehatan Terunggul di Tanah Air. herbal sejagat mengoperasikan transaksi berbagai jenis obat tradisional melalui internet obat tradisional penghancur batu empedu dan juga berbelanja scr langsung di kantor kami. herbal sejagat Menyediakan Beragam Jenis Produk Kesehatan Manjur obat herbal kanker usus stadium 4

    toko jilbab elegan terbaru 28 Agustus 2017

    toko jilbab elegan terbaru

    grosir jilbab elegan murah 28 Agustus 2017

    grosir jilbab elegan murah

    toko jilbab etnik terbaru 29 Agustus 2017

    toko jilbab etnik terbaru

    toko jilbab instan online 31 Agustus 2017

    toko jilbab instan online

    grosir jilbab keren murah 05 September 2017

    grosir jilbab keren murah

    grosir jilbab motif online 07 September 2017

    grosir jilbab motif online

    Awal 12

Form Komentar

Banner

Berita Terpopuler

Selang sehari setelah kedatangan jajaran Polres Pacitan, tepatnya
Setelah sebelumnya pada Rabu 28 Oktober 2015 Bupati Pacitan

Facebook Fanpage